Home / NEWS / Putra Aidit Terbahak-bahak Nonton Film G30/S/PKI

Putra Aidit Terbahak-bahak Nonton Film G30/S/PKI


Kebenaran dan akurasi film G30 S/PKI menjadi perdebatan panjang di publik. Salah satu yang meragukan keakuratan film itu adalah Ilham Aidit. Ilham merupakan putra DN Aidit, salah satu tokoh PKI ketika itu.

EDISIMEDAN.com, JAKARTA – Kebenaran dan akurasi film G30 S/PKI menjadi perdebatan panjang di publik. Salah satu yang meragukan keakuratan film itu adalah Ilham Aidit. Ilham merupakan putra DN Aidit, salah satu tokoh PKI ketika itu.

Ilham menegaskan, Aidit itu tak merokok. Namun dalam film itu digambarkan ia sebagai salah seorang perokok berat dengan asap yang mengepul ketika memimpin rapat.

Padahal, ia melanjutkan, pernah Aidit rapat dengan petinggi-petinggi Komunis dan diminta untuk merokok. Aidit pun mencoba menghisap dan batuk.

Saat itu, Ilham bercerita, Aidit bersama Soekarno dan Mocetung, sowan ke Havana Cuba bertemu Fidel Castro dan Ce Gua fara.

“Pakar-pakar komunis itu mem-bully Aidit karena tidak merokok. Masak pejuang rakyat tidak suka cerutu. Kampungan sekali,” ujarnya dalam diskusi di ILC, TV One, Selasa (19/9/2017) malam.

“Jadi waktu saya dan ibu saya, nonton film itu (saat DN Aidit merokok-red) tertawa berbahak-bahak. Dan mengatakan bahwa, maaf Arifin C Noer almahum, itu kurang riset. Dia gak pernah tanya sebentar saja, apakah Aidit merokok apa tidak. Itu contoh, sutradaranya kurang rajin tanya-tanya. Aidit sepanjang hidupnya tidak pernah merokok. akurasi film itu jelek sekali,” ujar Ilham Aidit.

Tak berhenti di sana, ia juga mempersoalkan tentang insiden di Lubang Buaya yang dinilai banyak kebohongan.

“Tak ada tari-tari seperti digambarkan dalam film,” ujarnya. Yang ada kondisi di sana sepi. Ia pun menilai sutradara film itu kurang riset.

BACA SELANJUTNYA:
Adu Argumen Putra Aidit dan istri Sutradara Film G-30/S/PKI

Terkait


Berita Terbaru