Home / BISNIS / Bandara Silangit Layani Penerbangan Internasional

Bandara Silangit Layani Penerbangan Internasional


[dari ki-ka] Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Guburnur Sumut Tengku Erry Nuradi pada penandaan penerbangan perdana atau Inaugural Flight Singapore-Silangit, di ruang pertemuan Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara, Sabtu (28/10/2017).

EDISIMEDAN.com, TAPANULI UTARA – Bandara Silangit di Tapanuli Utara resmi melayani penerbangan internasional. Ini ditandai dengan mendaratnya penerbangan internasional dari Singapura pada 28 Oktober 2017.

“Ini sangat bersejarah, pertama Silangit menjadi Bandara Internasional. Kedua adalah, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Karena untuk mengembangkan destinasi wisata, harus punya bandara internasional,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada penandaan penerbangan perdana atau Inaugural Flight Singapore-Silangit, di ruang pertemuan Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara, Sabtu (28/10/2017).

Dia mengingatkan, pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba mempersiapkan diri seiring dibukanya pintu gerbang pariwisata di Bandara Silangit mulai didarati penerbangan internasional dari Singapura. Catatan penting disebutkannya adalah peningkatan SDM melayani wisatawan.

Baca Juga:  Pajak Siborongborong Dibiarkan Kumuh dan Semrawut

Untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba sebagai ikon Sumatera Utara ini, Arief menyebutkan bahwa keberadaan bandara internasional saja tidak cukup tanpa dukungan lainnya yakni amenitas (fasilitas) dan atraksi setelah syarat aksesibilitas kini terus dibangun.
Selain itu, pemerintah juga memiliki target memasukkan Geopark Kaldera Toba menjadi situs yang diakui UNESCO. Karenanya proses penelitian hingga pengolahan limbah juga diminta secepatnya dilakukan.

“Untuk pemasaran, kita targetnya satu juta wisman (wisatawan mancanegara) di 2019. Dua tahun lagi itu tidak lama, jadi harus cepat. Karena bukan hanya Danau Toba, tetapi Sumatera Utara dengan ikonnya Danau Toba,” katanya.

Baca Juga:  Tahun 2019, Daihatsu Targetkan Penjulan Xenia di Medan Naik 20 Persen

Menyambut penerbangan perdana internasional di Silangit, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyebutkan sektor pariwisata saat ini sudah mulai dijadikan tulang punggung perekonomian Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan seluruh kabupaten/kota, khususnya se-kawasan Danau Toba.

Karena itu, ia memberikan ucapan selamat datang kepada para wisman yang datang dari penerbangan internasional Singapura ke Silangit menggunakan pesawat Garuda.

“Selamat datang para wisatawan, ini adalah danau terbesar di dunia. Selamat datang di surga dunia, di Danau Toba,” ujar Gubernur sekaligus menterjemahkannya ke bahasa asing.

Dengan penerbangan internasional perdana yang juga ditandai peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ini, Erry berharap pada masa mendatang, tidak hanya dari Singapura, tetapi Thailand, Malaysia, hingga Tiongkok bisa dibuka agar target 1juta wisman yang berkunjung ke Sumut bisa tercapai. [rez]

Terkait


Berita Terbaru