Home / BISNIS / Yang Patut WP Ketahui Tentang Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-23/PJ/2017

Yang Patut WP Ketahui Tentang Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-23/PJ/2017


Konsultan Pajak, Silvia Koesman

Dia menjelaskan, pengungkapan harta dapat dilakukan dengan penyampaian SPT Masa PPh Final dan atas masa PPh Final akan diterbitkan tanda terima. Harta yang belum dilaporkan atau diungkapkan dengan cara perhitungan Tarif X DPP.

Pertama menentukan nilai harta pada tahun pajak terakhir. Kedua, tarif pajak yang dikenakan adalah 25 % bagi WP Badan dengan penghasilan bruto di atas Rp4,8 miliar, 30 % bagi WP Orang Pribadi dengan penghasilan bruto selain usaha/pekerjaan bebas di atas Rp632 juta dari total penghasilan bruto di atas Rp4,8 miliar.

Bagi WP tertentu (Badan & Orang Pribadi), dengan penghasilan selain dari usaha/pekerjaan batas maksimal Rp632 juta dari total penghasilan bruto maksimal Rp4,8 miliar.

Baca Juga:  Citilink Gandeng JNE, Kolaborasi Dalam Program Loyalty

BACA JUGA

“Pembayaran PPh ini mengggunakan Kode Akun Pajak 411128 Kode Jenis Setoran 422 dengan mencantumkan pembayaran atas penyetoran untuk masa pajak dilakukannya pengungkapan harta,” jelas Silvia.

Terkait WP yang telah memperoleh Surat Keterangan dan telah membayar uang tebusan atas harta tidak bergerak, berupa tanah dan atau bangunan yang belum dibaliknamakan atas nama WP, dia menjelaskan harus melakukan pengalihan hak menjadi atas nama WP.

Pembebasan dari SKB (Surat Keterangan Bebas) PPh Final pengalihan hak tanah dan/atau bangunan harus segera dilakukan paling lambat 31 Desember 2017. Ini dengan cara penyampaian permohonan SKB PPh yang diajukan WP ke KPP setempat di mana WP terdaftar atau foto copy Surat Keterangan kepada pejabat pembuat akta tanah.

Baca Juga:  DPR Tinjau Kesiapan Inalum Ambil Alih Saham Freeport

“Lalu bagaimana bagi WP yang telah mengikuti amnesti pajak dan sudah memperoleh Surat Keterangan, berdasarkan aturan tadi apabila ditemukan data dan/atau informasi mengenai harta yang belum maupun kurang diungkapkan dalam Surat Pernyataan, akan dianggap sebagai tambahan penghasilan,” ujarnya. [fur]

Terkait


Berita Terbaru