Home / NEWS / KPPU: Sumut Tidak Perlu Beras Impor

KPPU: Sumut Tidak Perlu Beras Impor


EDISIMEDAN.com, MEDAN – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan menilai Provinsi Sumatera Utara tidak memerlukan beras impor. Saat ini kondisi beras di Sumut dalam keadaan surplus.

Hal ini dikatakan Kepala KPPU Medan, Ramli Simanjuntak menyikapi rencana pemerintah yang akan mengimpor 500 ribu ton beras dari luar negeri.

“Impor tidak perlu untuk daerah yang surplus beras seperti Medan, dan Sulawesi. Impor beras untuk Sumut tidak penting, masukan saja ke daerah lain. Yang kurang itu dimana? Ya di Jawa, Jakarta, dan Cipinang. Informasi yang kita dapatkan bahwa kenaikan karena ikut-ikutan dari Cipinang di sana naik, pedagang ikut menaikan harga,” ucap Ramli saat melakukan sidak harga beras di Jalan Sibayak, Medan, Rabu (17/1/2018.

Baca Juga:  KPPU Sebut Ada Kartel Dibalik Mahalnya Harga Telur

KPPU kata Ramli menilai saat ini kondisi beras di Sumatera Utara dalam kondisi aman. Hal ini dipicu lantaran akan memasuki musim panen di Februari.

“Kemaren itu ada kenaikan karena pasokan agak berkurang. Sekarang pasokan sudah banyak malah mau musim panen. Ada kenaikan harga kenaikan di tingkat distributor. Informasi yang kita dapatkan minggu lalu ada naik sampai Rp14 ribu dan sekarang ada penurunan. Jangan sampai ada kenaikan lagi,” jelasnya. [ska]

Terkait


Berita Terbaru