Home / SUMUT / Pasangan Andar-Hariro Belum Tentu Menang Meski Lawan Kotak Kosong, Ini Alasannya

Pasangan Andar-Hariro Belum Tentu Menang Meski Lawan Kotak Kosong, Ini Alasannya


EDISIMEDAN.com, MEDAN –┬áBakal calon bupati dan bakal wakil calon bupati Padanglawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap dan Hariro Harahap dapat dipastikan akan melawan kotak kosong pada Pilkada bulan Juni 2018 mendatang.

Namun pasangan yang didukung oleh seluruh parpol pemilik kursi di DPRD Paluta ini masih berpeluang kalah.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea menanggapi Pilkada Paluta 2018 yang hampir dipastikan hanya diikuti satu bakal pasangan calon.

“Pemungutan suara nantinya tetap dilakukan, namun paslon tersebut akan bersaing dengan kotak kosong. Ia dinyatakan menang jika mampu memenangkan suara 50 persen plus 1,” kata Mulia, Rabu (17/1/2018).

Baca Juga:  Anaknya Dicabuli, Keluarga Ini Malah Diteror Keluarga Pelaku

Mulia melanjutkan jika pasangan ini tidak dapat meraih suara sebanyak 50 persen plus 1 tersebut, maka mereka akan dinyatakan gagal memenangkan pilkada. “Dengan demikian, tampuk pemerintahan akan dijabat oleh sosok pelaksana tugas (plt) bupati yang dihunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” terangnya.

Kemudian selanjutnya, daerah tersebut akan melaksanakan kembali Pilkada pada agenda pilkada serentak berikutnya.

“Kapan itu yakni tahun 2020. Jadi selama dua tahun maka jabatan bupati akan diduduki oleh bupati berstatus Plt” terang Mulia.

Sebelumnya KPU sudah memperpanjang masa pendaftaran hingga 16 Januari 2018 lalu. Namun dalam kurun waktu tersebut tidak ada pasangan lain yang mendaftar termasuk dari kalangan independen. [ska]

Terkait


Berita Terbaru