Home / SUMUT / 31 Ribu Penduduk Labusel Terancam Golput di Pilgubsu 2018

31 Ribu Penduduk Labusel Terancam Golput di Pilgubsu 2018


EDISIMEDAN.com, LABUSEL – Diperkirakan sekitar 31 ribu jiwa penduduk Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) terancam Golput di Pilkada Sumut 2018 karena belum melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya salah satu persyaratan memilih adalah memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Labusel Awaluddin Harahap melalui Kasi Pelayanan Capil Dewi, Rabu (7/2/2018) kepada wartawan mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Labusel pada semester 1 tahun 2017 mencapai 318 ribu jiwa. Namun saat ini baru 181.657 penduduk yang terdata sudah melakukan perekaman e-KTP.

“Sedangkan sekitar 31.040 ribu jiwa terdata belum melakukan perekaman e-KTP,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya pun, kata Dewi, telah melakukan perekaman dengan langsung jemput bola mendatangi rumah-rumah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Baca Juga:  Papa Di Binjai Cekek Mama Hingga Tewas Di Ungkap Polisi Binjai

“Jemput bola sudah sering kita lakukan di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Labusel ini,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Labusel Sumarno mengatakan pihaknya khawatir kalau 31.040 jiwa penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP ini menjadi salahsatu masalah dalam Pilgubsu di Kabupaten Labusel.

“Syarat untuk menjadi pemilih harus memiliki e-KTP atau Suket dari Disdukcapil. Jadi kalau masih ada 31.040 jiwa penduduk yang belum melakukan perekaman, tentu ini dikhawatirkan jadi masalah nanti,” ujarnya.

BACA JUGA

Maka dari itu, lanjutnya, hasil pencoklitan data pemilih yang tengah dilakukan hingga 18 Februari 2018 mendatang, nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak Disdukcapil Labusel.

Baca Juga:  Djoss Beri Bukti, Bukan Jual Janji

“Karena dari hasil pencoklitan nanti kita akan mendapatkan data warga-warga yang belum memiliki e-KTP. Nah, data inilah nati yang kita koordinasikan dengan Disdukcapil agar sesegera mungkin dapat melakukan perekaman terhadap warga-warga tersebut,” jelasnya. [jul]

Terkait


Berita Terbaru