Home / SUMUT / Batas Dana Kampanye Pilkada Padangsidempuan Rp 50 Miliar, Lebih Dari Itu Paslon Akan di Diskualifikasi

Batas Dana Kampanye Pilkada Padangsidempuan Rp 50 Miliar, Lebih Dari Itu Paslon Akan di Diskualifikasi


EDISIMEDAN.com, PADANGSIDEMPUAN- Batas dana kampanye pasangan calon kepala daerah di Padangsidempuan ditetapkan hanya sebesar Rp 50 miliar. KPU akan mendiskualifikasi pasangan calon kepala daerah yang melebihi jumlah tersebut.

Ini disampaikan Kordinasi Divisi SDM dan Parmas KPUD Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi kepada wartawan usai rapat kordinasi rancangan pembatasan dana kampanye Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 di Sopa Demokrasi yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin, Jumat (16/2/2018).

“Akhirnya disepakati tadi, biaya kampanye masing-masing calon batas maksimal anggarannya Rp50 miliyar,” ungkapnya.

Berita Terkait

Setelah Deliserdang, Giliran Paslon Independen di Pilkada Padangsidempuan Didepak KPU

Baca Juga:  KPU Binjai Di Sorot Soal Dugaan Pelanggaran Di TPS Binjai Utara

Muktar Helmi menegaska jika nanti pada waktu pelaporan diakhir masa kampanye pada 24 Juni 2018 ada kandidat yang mengeluarkan biaya melebihi batas yang telah ditetapkan, KPU akan memberikan sangsi tegas yakni diskualifikasi.

“Kalau ada nanti pasangan calon yang melebihi kesepakatan tadi, bisa disangsi dengan diskualifikasi terhadap pasangan calon,” tegasnya.

Lebih lanjut, Muktar mengatakan, penetapan anggaran dana kampanye ini ada kaitannya dengan nota kesepakatan bersama yang beberapa waktu lalu dibuat yakni kambanye berkeadilan. Dimana, keduanya sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2017.

“Ini sesuai PKPU nomor 5 tahun 2017,” pungkasnya.

Usai penetapan batas maksimal dana kampanye tersebut, masing-masing perwakilan paslon menandatangani nota kesepakatan. [ska]

Terkait


Berita Terbaru