Home / NEWSSUMUT / Kampung Labuhan akan Jadi Kampung Tematik di Rantauprapat

Kampung Labuhan akan Jadi Kampung Tematik di Rantauprapat


SOSIALISASI - Badan Pengurus HIPMI Labuhanbatu akan menjadikan Kampung Labuhan Rantauprapat menjadi Kampung Tematik (EdisiMedan/julian)

EDISIMEDAN.com, RANTAUPRAPAT- Kampung Labuhan, Padang Matinggi, Rantau Utara diusul menjadi Kampung Tematik. Program itu gagasan pihak Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Labuhanbatu.

“HIPMI ingin menciptakan suatu terobosan dengan mewarnai setiap dinding dan genteng rumah warga di kawasan Kampung Labuhan,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Baikandi Ladomi Harahap di acara Sosialisasi Kampung Labuhan Berwarna, Selasa (10/4/2018) di Dermaga Jalan Labuhan Rantau Utara.

Pihak HIMPI, kata dia memohon izin kepada sebanyak 70-an KK warga yang berdomisili di kawasan itu untuk memberikan izin dan kesempatan mengubah kawasan tersebut. Sehingga ada kesan baru dan nantinya akan memperindah Kampung Labuhan.

Baca Juga:  Bupati Karo Perintahkan Seluruh Kades Tampung Iuran BPJS Ketenagakerjaan

“Mempercepat kegiatan tersebut, HIPMI secara teknis akan melakukan upaya kerjasama dan sama bekerja dengan warga,” paparnya.

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Labuhanbatu Indra Firdaus dikesempatan itu mengatakan melalui program “HIPMI Mewarnai”, merupakan projec percontohan dari fenomena dan tampilan kawasan baru. “Semoga ada efek positif peningkatkan prekonomian dan kesejahteraan warga dari kegiatan ini,” harapnya.

HIPMI, kata Indra memiliki sejumlah program upaya meningkatkan prekonomian warga Labuhanbatu.

Dia juga berpesan kepada tim HIPMI akan berupaya membentuk Kampung Labuhan Berwarna ini, agar nantinya tidak sebatas mewarnai dan merubah warna rumah penduduk di sana. Namun, kata Indra dapat memberi manfaat luas kepada masyarakat.

Baca Juga:  Beberapa Hari Tak Keluar Rumah, Nek Hasni Ditemukan Tewas di Kamar Mandi

Dengan program berjelanjutan, HIPMI Labuhanbatu katanya akan menuju menjadikan Kampung Labuhan sebagai Kampung Wisata.

“Revitalisasinya menjadi pusat keramain dengan menyedot perhatian dan meningkatkan kunjungan masyarakat luas untuk hadir ke kawasan itu,” bebernya.

Sedangkan Camat Rantau Utara Andrea Nuzul Manik mengapresiasi kegiatan itu. Dia berpesan kepada warga setempat agar dapat mendukung rencana HIPMI.

“Inilah gunanya kalau pengusaha bisa bersinergi membangu Rantau Utara. Kedatangan program HIPMI semoga bisa merubah Kampung Labuhan lebih indahan. Dan menjadi tempat wisata, tentu bisa membantu prekonomian warga,” katanya

Dia juga berharap, kedatangan program HIPMI akan dapat membangun pembangunan sejumlah fasilitas pemdukung yang ada di kawasan itu.

Baca Juga:  Akhyar Serahkan Tali Asih Kepada Kafilah Medan Juara Umum MTQ ke 37 Tingkat Provinsi Sumut

Sementara warga sekitar mengeluhkan potensi sampah yang ada di kawasan itu. Sehingga, warga berharap adanya upaya mengaktifkan program Bank Sampah di Kampung Labuhan.

“Selama ini pengolaan sampah masih membuang ke pinggir sungai. Kalau sudah menjadi Kampung Tematik, Bank Sampah perlu direalisasikan,” kata warga Jelita Hati Harahap.

Selain itu, untuk mengatasi abrasi dan longsor juga warga menyarankan adanya langkah yang akan dilakukan dengan cara penghijauan di tepian sungai. “Agar semakin memperindah kawasan Kampung Labuhan Berwarna,” sarannya. [jul]

Terkait


Berita Terbaru