Home / NEWSSUMUT / Gawat, 16 Tahanan Cabang Rutan Labuhan Bilik Melarikan Diri

Gawat, 16 Tahanan Cabang Rutan Labuhan Bilik Melarikan Diri


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Sebanyak 16 orang tahanan yang menghuni Cabang Rutan Labuhan Bilik, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, melarikan diri, Jum’at (13/4/2918) dini hari. Belasan tahanan itu kabur diduga setelah memanjat dan melompat tembok rutan tersebut.

“Iya emang benar, ada tahan kabur, berjumlah 16 orang. Tapi, kendalanya saya aku diluar kota ini,” ungkap Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting saat dikonfirmasi, Jum’at siang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sesaat sebelum peristiwa kaburnya belasan tahanan itu, kondisi cuaca tengah turun hujan lebat. Diduga akibat hujan itu, para penjaga Rutan berteduh.

Baca Juga:  Kapolda Sumut Jenguk Bocah yang Dianiaya Orangtuanya

Namun saat hujan berhenti, kemudian para petugas jaga melakukan patroli keliling Cabang Rutan Labuhanbilik sehingga diketahui sebanyak 16 orang narapidana telah melarikan diri dengan cara membengkokkan terali besi. Kemudian menjebol atap dan memanfaatkan kayu kayunya untuk jembatan yang diarahkan ke tembok, selanjutnya para narapidana melarikan diri

Dengan kaburnya para tahanan itu kata Josua, pihaknya sudah ada menerapkan langkah -langkahg sesuai persedur yang ada. Termasuk melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk melakukan pengejaran dan penangkapan 16 tahanan, yang belum diketahui identitasnya itu.

“Untuk sabar sebentar, anggota masih melakukan pendataan juga. Kalau sudah ada laporan sama saya untuk identitas 16 tahanan itu, segera saya kabari,” tutur Josua.

Baca Juga:  Demo Mahasiswa Binjai - Langkat Tuntut Pecat Oknum Lapas Binjai

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara sudah menurun tim akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah petugas sipir yang piket tadi malam. [ska]

Terkait


Berita Terbaru