Home / NEWSSUMUT / 3.049 Siswa SMP di Karo Ikuti UNBK, 5 Siswa Absen Hari Pertama

3.049 Siswa SMP di Karo Ikuti UNBK, 5 Siswa Absen Hari Pertama


Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs di Kabupaten Karo, Senin (23/04/2018) berjalan dengan lancar.

EDISIMEDAN.com, KARO- Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs di Kabupaten Karo, Senin (23/04/2018) berjalan dengan lancar.

Ujian berbasis komputer ini dilaksanakan selama empat hari hingga 26 April yang diikuti peserta sebanyak 3049 Peserta siswa. Sementara UNKP SMP/MTs diikuti peserta sebanyak 4000 siswa, jika ditotalkan peserta ujian SMP tahun 2018 berjumlah 7049 siswa.

Hal disampaikan Kepala Dinas Kabupaten Karo Eddi Surianta Surbakti usai melakukan monitoring UNBK dan UNKP di beberapa sekolah wilayah Kecamatan Kabanjahe, Payung, Berastagi dan Tigabinanga.

“ UNBK SMP/MTs diikuti 23 Sekolah (33%) dengan peserta sebanyak 3049 siswa (43%) dan UNKP SMP/MTs diikuti 47 Sekolah (67%) dengan peserta sebanyak 4000 siswa (57%). Jumlah sekolah ada 70 Sekolah, jika ditotal sekitar 7049 siswa sebagai peserta ujian,”ujarnya didampingi Kabid Pembinaan SMP Drs. Sugianta Ginting’s.

Baca Juga:  Munas Partai Golkar 2019 : Restu Atau Resistensi Terhadap Sinyal Istana

Dikatakannya, Sekdakab Karo Drs.Kamperas Terkelin Purba M.si juga bersama-sama melakukan monitoring ujian nasional dihari pertama tadi pagi termasuk SMPN I Tiganderket. Ia mengatakan dari 196 siswa peserta ujian di sekolah tersebut terdapat 5 orang siswa yang tidak ikut ujian. Disitu Sekda juga menginstrusikan untuk melakukan klarifikasi ketidakhadiran siswa yang dimaksud, agar tidak ada siswa yang putus sekolah.

“ Ujian hari pertama dengan mata pelajarannya Bahasa Indonesia. Terkait permasalahan SMPN I Tiganderket, tadi Sekda juga memberikan arahan atau pembinaan untuk perbaikan sarana prasarana sekolah,”ujar Kadis.

Untuk pelaksanaan ujian susulan bisa dilakukan setelah pelaksanaan UNBK dan UNKP selesai. Khusus untuk pelaksanaan ujian susulan berlangsung pada 8-9 Mei 2018.

Baca Juga:  Terkelin Dukung Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana di Kabanjahe

“Pemerintah sudah siapkan jadwal susulan, baik itu untuk yang sakit dan sebagainya,” sambung Kadis lagi.

Menurutnya, secara teknis persiapannya lancar dan para peserta pun siap untuk menjawab soal-soal yang diberikan.

“Kita bersyukur ya, untuk teknis setiap komputer lancar dan peserta sudah siap ikuti UN dengan basis teknologi. Selain itu, pengawasan selama ujian lebih mengedepankan dengan kenyamanan suasan. Mengenai persentase soal ujian, soal yang diujikan bersifat merentang. Dari yang mudah, sedang dan sampai yang sulit pasti ada dalam soal ujian,”tutupnya. [Anita]

Terkait


Berita Terbaru