Home / NEWSSUMUT / Ancam Keselamatan, Terkelin Perintahkan Bongkar Tower Triangel

Ancam Keselamatan, Terkelin Perintahkan Bongkar Tower Triangel


Tower Triangle milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karo yang berdiri di lokasi Taman Kota tepatnya di halaman Kantor PKK, Jalan Veteran Kabanjahe mendapat sorotan dari Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Senin (07/05/2018) saat meninjau Taman Kota.

EDISIMEDAN.com, KARO- Tower Triangle milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karo yang berdiri di lokasi Taman Kota tepatnya di halaman Kantor PKK, Jalan Veteran Kabanjahe mendapat sorotan dari Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Senin (07/05/2018) saat meninjau Taman Kota.

Pasalnya, tower triangle yang merupakan alat pendukung dalam instalasi jaringan internet serta dipakai untuk antena radio amatir tersebut dapat mengancam keselamatan jiwa. Apalagi jika ada masyarakat yang sedang santai, berolahraga dan melintas di seputaran Taman Kota.

“Bayangkan saja, jika datang angin kencang dan hujan lebat. Kita bisa lihat, beberapa kawat penyangga tower sudah putus dan lainnya longgar. Bahkan kawat disebelah kanannya tinggal satu. Itu yang kita khawatirkan jika roboh dan menimpa warga,”ujar Bupati didampingi Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kalak BPBD Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sinaturi, Plt Dinas Kominfo Jhonson Tarigan, Direktur RSU Kabanjahe, dr Arjuna Bangun dan Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti.

Baca Juga:  BRI BO Binjai Ikut Berpatisipasi Dalam MTQ Ke 55 Tingkat Kota

Dikatakannya, sebelum terjadi musibah mendingan dicegah dari sekarang. Jika tower masih dipergunakan, usahakan dicarikan solusinya. Apakah perlu dipindahkan atau diperbaiki agar tidak mengancam jiwa.

“Kalau udah gak berfungsi ya dibongkar saja daripada merusak pandangan mata,”ketusnya agak kesal.

Mendapat sorotan Bupati, Plt Dinas Kominfo, Jhonson Tarigan mengakui jika tower tersebut milik Dinas Kominfo Kabupaten Karo dan sudah tak berfungsi lagi.

“Dulu alat ini fungsinya sangat banyak yang berguna untuk menginstal atau memberikan dukungan dalam jaringan internet. Begitu juga berfungsi untuk antena radio amatir dan antena yang lain. Tapi sekarang tower ini tidak berfungsi lagi,”terangnya.

Baca Juga:  Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Karo Gelar Ramp Check di Terminal Kabanjahe

Oleh sebab itu, sambungnya lagi, kedepannya tower tersebut akan segera dipindahkan. Titik lokasinya akan dirapatkan dengan instansi terkait.

“Mudah-mudahan setelah Pak Bupati menyorot nya. Maka pihak Kominfo akan melaksanakan petunjuk dari pimpinan demi kenyamanan dan keselamatan masyarakat,”ujarnya.

Seperti diketahui, Tower Triangle merupakan sebuah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa berbentuk segitiga dan bertujuan untuk menempatkan antena dan radio pemancar/penerima gelombang telekomunikasi dan informasi.

Tower Triangle sering ditemui di gedung-gedung tinggi ataupun perkantoran, selain itu dapat juga ditemui di sekolah-sekolah ataupun warnet. Alat ini sendiri memiliki manfaat yang sangatlah banyak. Selain dapat kita pakai untuk meletakkan atau sebagai tempat pendukung dalam instalasi jaringan internet.

Baca Juga:  Patgulipat Gaji Guru, Kejari Binjai Jadwalkan Periksa Pejabat Tinggi

Tower Triangle juga dapat dipakai untuk antena radio amatir ataupun antena yang lain. Ada beragam spesifikasi product yang dipakai dalam pemasangan tower triangle . Ada yang memakai Galvanis ada juga yang tidak.[anita]

Terkait


Berita Terbaru