Home / NEWS / Hari Pest Dunia Naikkan Status Industri Manajemen Hama

Hari Pest Dunia Naikkan Status Industri Manajemen Hama


Pengurus DPD Aspphami Sumut diabadikan sejenak saat berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan salat Magrib di Medan, Rabu (30/5)

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (Aspphami) kini sedang melakukan persiapan untuk menghadiri “Hari Pest Dunia” atau World Pest Day –Global Summit 2018 yang dijadwalkan digelar di Jakarta Agustus mendatang.

“Kami sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk memenuhi undangan tersebut,” kata Ketua DPD Aspphami Sumatera Utara, Ir Wesly S Sianipar seusai berbuka puasa bersama sejumlah pengurus di Medan, Rabu (30/5).

Dia menjelaskan Hari Pest Dunia (HPD) merupakan kegiatan multinasional diciptakan untuk menaikkan status dari industri manajemen hama di kalangan masyarakat umum. Pengurus Aspphami Sumut siap menghadiri HPD untuk menambah pengetahuan dan wawasan terutama tentang pest manajemen.

Baca Juga:  Stroke, Gejala dan Apa yang Dilakukan untuk Mencegahnya?

“Namun sebelumnya kami akan melakukan pelantikan pengurus baru Aspphami Sumut sekaligus melaksanakan program Refresh Training dan Re-Assessment di Medan pada bulan Juli. Represh training tersebut menindaklanjuti Surat DPP Aspphami sehubungan dengan surat Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Pertanian Kementan Nomor 5039/KR.020/K.3/03/2018, 13 Maret 2018,” kata Wesly.

Menurut dia HPD yang diselenggarakan selama dua hari menjadi penting. Bukan hanya dihadiri Huang Xiau Yun, Presiden Federasi Asia dan Oceania Hama Manajer Asosiasi dan Asosiasi Pengendalian Hama dari China tapi juga tampil beberapa pembicara lain serta pakar vector.

Seperti Qiyong Liu,PhD dari Organisasi Kesehatan Dunia Pusat Kolaborasi Vector Surveilling Manajemen Institut untuk penyakit menular dan pencegahan, China, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Dihadiri juga presenter Dr Andres Lindstrom, Swedia Dokter Hewan Institute, Divino Mantias, Brasil dan lainnya.

Baca Juga:  Akrobat Udara Membentuk Lafaz Allah, TNI AU: Semuanya Kehendak Allah

“Kami berharap pengurus Aspphami Sumut yang mengikuti kegiatan HPD dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang dampak perubahan iklim terhadap hama serta struktural manajemen hama yang akan dipaparkan oleh Roberto Peneira dari University of Florida maupun pembicara lain,pinta Wesly.

Sementara itu pengurus baru Aspphami Sumut masa bakti 2017-2022 yang akan dilantik Ketua Umum DPP Aspphami,Boyke Arie Pahlevi,SE terdiri atas Dewan Penasihat drg Amir Salim,M.Kes. Dewan Pakar Prof Dr Ir Darma Bakti,MS dan Buchari,ST,M.Kes. Badan Pemeriksa Keuangan Stevie Pasaribu,SP. Ketua Ir Wesly S Sianipar, Wakil Ketua Poltak Siahaan,SE. Sekretaris Andi Hidayat, Bendahara H Sumardi,SE. Bidang Pest Control Zulfan Indra sakti,S Sos, Termite Control Wilson Daulay,SP, Fumigasi Untung Surapati. Humas JanPiterson saragih,SP dan Ivan Ramadhan Balpas.[fur]

Terkait


Berita Terbaru