Home / NEWS / Menkes RI Dukung Pembangunan New Wings RSUD Dr Pirngadi 

Menkes RI Dukung Pembangunan New Wings RSUD Dr Pirngadi 


EDISIMEDAN.com, MEDAN: Rencana pembangunan New Wings Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Dr. Pirngadi Medan mendapat dukungan dari Menteri Kesehatan (Menkes),   Prof.DR.Nila Juwita F. Moeloek Sp.M saat menghadiri puncak peringatan HUT RSUD Dr Pirngadi Medan yang digelar di pelataran parkir RSUD Dr Pirngadi pada Senin ( 13/8/2018).

“Saya menilai  rumah sakit ini sudah pantas dibangun agar kita tidak kalah dengan negara tetangga, dengan dibangunnya New Wings diharapkannya masyarakat Sumut tidak lagi berobat ke negara tetangga,” paparnya.

Menkes Ri juga dalam pidatonya meminta Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin agar membuat larangan bagi masyarakat Sumut khususnya Medan berobat ke negara tetangga. Menurutnya, pelayanan medik di Sumut tidak kalah dengan pelayanan medik negara tetangga.

“Pak walikota saya harapkan bapak kembali membuat larangan masyarakat Sumut khususnya Medan berobat Ke negara tetangga, memang sesungguhnya rumput tetangga memang tampak lebih hijau namun kenyataannya  rumput di negeri sendiri bukan hanya lebih hijau bahkan lebih subur, hal inilah yang perlu kita sadari,” papar Menkes RI kepada Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin.

Baca Juga:  Cath Lab Jantung RS USU Resmi Dioperasionalkan

Lebih lanjut, Menkes RI juga menyatakan alasannya meminta Walikota membuat larangan berobat keluar negeri atau negara tetangga karena ia menilai sudah banyak sekali bukti bahwa  para tenaga medis yang berasal dari sumut memiliki kualitas yang baik.

Sebelumnya, Dalam kata sambutan Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin pada acara yang sama menjelaskan kepada  Menkes RI   bahwa saat ini RSUD Dr Pirngadi  Medan melalui Pemko Medan  mengadakan perjanjian dengan perusahaan persero P. Sarana Multi  infrastruktur atau SMI dan Japan Internasioan Coorperation Agency (Jaica) untuk melaksanakan pembangunan RSUD Dr Pirngadi Medan dengan skema Kerjasama dengan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Eldin menjelaskan bahwa saat ini progresnya sudah pada tahap penyusunan laporan akhir.  Dalam rangka persiapan pembangunan ini dikatakannya Pemko Medan sangat mengharapkan bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Mentri Kesehatan,  staekholder dan masyarakat indonesia untuk terus memberikan perhatian baik moril dan spritual maupun sumber daya yang dibutuhkan dalam pembangunan RSUD Dr Purngadi Medan ini.

Baca Juga:  Sidak,Dirut RSUD Dr Pirngadi Temui Pelayanan Tidak Maksimal

“Kita sangat mengharapkan bantuan Pemerintah pusat baik dukungan moril, spritual maupun sumber daya yang dubutuhkan,” papar Eldin.

Dirut RSUD Dr Pirngadi Medan, Suryadi Panjaitan beberapa waktu lalu juga menyatakan ke awak media dengan hadirnya Menteri Kesehatan RI pada acara puncak HUT RSUD Dr Pirngadi agar dapat melihat kondisi rumah sakit secara keseluruhan sehingga dapat memberi dukungan dalam rencana pembangunan New Wings yang ditargetkan pembangunannya pada Tahun 2018. Selain itu juga menjadikan rumah sakit tersebut menjadi prioritas dalam hal program-program kesehatan.

Sementara itu, Ultah RSUD Dr Pirngadi Medan ke 90 Tahun dikomentari oleh Menteri Kesehatan RI bahwa Usia 90 tahun merupakan usia yang sudah cukup tua.

Baca Juga:  BPBD Karo Lakukan Pembersihan dan Penyiraman‎ Abu Vulkanik Sinabung di Fasilitas Umum

usia yang yang juga bukan main main tetapi merupakan usia yang sudah banyak berjasa bagi masyarakat mulai zaman kolonial Belanda kemudian melewati masa Jeoang dan sampai masa kemerdekaan hingga kini.

menurutnya banyak jasa yang diberikan rumah sakit pirngadi kepada masyarakat Indonesia. Karena itu Kemenkes mengucapkan selamat HUT  dan sangat berterima kasih beserta memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh jajaran RSUD Dr Pirngadi Medan yang telah memberikan pelayananan kepada masyarakat.

Hadir pada Puncak HUT ke 90 Tahun RSUD Dr Pirngadi Medan Tersebut diantaranya Konsulat Jendral India, Para Wakil Direktur, Guru Besar, Kadis Kesehatan Medan dan Sumut, Dirut Rs Haji, Dirut Rs Adam Malik, DPD RI. ( Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru