Home / SUMUT / HUT Koperasi, Gubsu Harapkan Dapat Mensejahterakan Rakyat

HUT Koperasi, Gubsu Harapkan Dapat Mensejahterakan Rakyat


EDISIMEDAN.com,MEDAN: Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengatakan, koperasi termasuk di Sumut baru memberikan sumbangan sebesar 4,48% dalam membantu perekonomian di saat negara lain ada yang sudah menyentuh angka 20%.

Gubernur Sumut menyampaikan hal itu kepada wartawan pada peringatan Hari Koperasi ke 71 Sumatera Utara yang digelar di Convention Hall Hotel Danau Toba Internasional, Kamis (25/10/2018).

“Koperasi masih kurang profesional. Orang lain sudah sampai 20% peningkatan dalam membantu ekonomi, kita cuma 4,48%. Jadi sangat mungkin bisa ditingkatkan. Apa lagi kita punya potensi tapi tidak dikelola dengan baik,” ujarnya.

Yang sangat diperlukan untuk meningkatkan koperasi menurut Edy,  yakni perbaikann infrastruktur koperasi itu sendiri, perbaikan tata usaha secara pasti dan mempunyai target keberhasilan. “Pastinya Pemprov akan menggeluarkan dana kalau itu (target keberhasilan) pasti,” ucap Edy.

Baca Juga:  Polres Taput Didesak Tangkap Perambah Hutan Reboisasi Jambur Nauli

Selain itu, dalam sambutannya, Gubernur Sumut juga mengajak masyarakat dan pihak berwenang untuk menghidupkan koperasi dengan benar dan benar-benar bisa mensejahterakan masyarakat. “Sumatera Utara ini hebat. Ayoklah hidupkan koperasi benar, jangan hanya untuk pajangan. Di Sumut ini apa yang tidak bisa kita buat. Tak ada yang susah. Sekarang ini susun APBD saya mau tahu, ini uangnya mau diapain. Untuk apa harus jelas,” ungkap mantan Pangkostrad itu.

Menurutnya, perkembangan dan keberhasilan koperasi merupakan Pemprov Sumut. “Setelah keluar dari sini (ruangan) saya minta ini ditindaklanjuti, agar kelompok-kelompok kecil berbicara. Kita duduk dan bicarakan, mau  kita kemanakan koperasi ini. Ini penting, biar saya enak mengucapkan selamat ulang tahun (Hari Koperasi) ini,” papar Gubernur Sumut.

Baca Juga:  Kompol Mahmun Nasution Jabat Wakapolres Tebingtinggi

Perkembangan koperasi menurutnya akan ikut mensejahterakan masyarakat. Apa lagi, kata dia, tuhan memrintahkan manusia harus sejahtera. “Saya mau koperasi ibarat jamur tumbuh di musim hujan. Sambil kita berkelakar, sambil kita wujudkan. Duduk, pastikan apa yang bisa kita kembangkan. Kita jago, bisnis jago, semua jago. Saya mau bisa, yang gak bisa jangan di Sumut kalian. Mimpi buruk bagi kita kalau tidak sejahtera tapi kita pingin bermartabat. Bagaimana mau bermartabat kalau tidak sejahtera,” ungkap Edy.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumut Jabmar Siburian berharap, koperasi Sumut dapat memberikan kontribusi yang meningkat terhadap Produk Domestik Bruto “Diharapkan gerakan koperasi, khususnya di Sumatera Utara ke depan akan semakin maju dan berkembang, serta dapat meningkatkan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Sumatera Utara,” ujar Jabmar.

Baca Juga:  SBY Diberi Gelar Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi

Guna mendukung agar keberadaan koperasi benar-benar dirasakan masyarakat, Jabmar mengharapkan agar seluruh koperasi yang ada di Sumut bekerja dengan serius. “Sekecil apapun, jika dikerjakan dengan serius pasti hasilnya akan baik,” kata Jabmar.

Disampaikan juga, perayaan HUT Koperasi ke-71 ini juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, diantaranya Lomba Tangkas Terampil Koperasi SLTA se Sumut yang dimenangkan SMAN I Aek Kuo Labuhan Batu Utara, juara kedua SMAN 4 Pematangsiantar, dan juara ketiga SMAN 3 Lahom Nias Selatan. “Lomba ini guna mendidik para generasi muda menjadi pejuang-pejuang militan di koperasi. Dengan harapan nantinya anak didik kita ini bisa membangun koperasi di sekolah-sekolahnya masing-masing,” ungkap Jabmar.(Mahbubah Lubis)

 

 

Terkait


Berita Terbaru