Home / MEDAN TODAY / PD Pasar Kota Medan Gelar Perlombaan Bersih Pasar Meriahkan HUT RI KE-74

PD Pasar Kota Medan Gelar Perlombaan Bersih Pasar Meriahkan HUT RI KE-74


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun, Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Medan menggelar perlombaan yang akan diikuti oleh 53 pasar yang ada di Kota Medan. Pesertanya bukan hanya pasar yang dikelola oleh PD pasar namun yang dikelola oleh pihak ke-3 juga ikut serta dalam perlombaan ini.

“Perlombaan ini fokus memperlombakan kebersihan pasar seperti kebersihan kamar mandi, WC umum dan akses jalan (koridor) dan juga kebersihan tempat Pembuangan sampah (TPS), tentu saja ada hal lainnya tetapi kita fokus pada tiga itu,” ungkapnya kepada awak media pada, Selasa (5/8/2019) di Pasar Sei Sikambing Medan jalan Gatot Subroto Medan.
Karena kita ada tim penilai dari konsultan pasar dari Jakarta yaitu PT GIS dan ada tim yang sudah dibentuk. Untuk yang terburuk ada potensi  tercopot,” ungkapnya. Jadi dalam perlombaan ini semua kepala pasar dimintanya untuk serius dan bekerjasama dengan pedagangnya.
Sedangkan untuk rewardnya, pihaknya masih merahasiakannya namun ia memastikan akan memberikan kado yang istimewa yang akan disiapkan timnya.
Untuk penilaian dikatakanya akan disesuaikan dengan standar nasional Indonesia (SNI) sehingga penilaiannya nantinya sangat mendasar. Untuk kamar mandi harus memiliki tempat sabun, gayung, ember, ventilasi udara, pencahayaannya, airnya, begitu juga dengan TPS harus ada tempat sampah, pemilahan sampah dan kalau bisa ada bank sampahnya.
Untuk koridor juga dikatakanya hal penting dalam penilaian. Dimana koridor atau akses jalan harus digunakan sesuai fungsinya jangan digunakan sebagai tempat berjualan.
Ditempat yang sama Kepala Pasar Sei
Lebih lanjut ia mengatakan menjaga kebersihan pasar bukan hanya dilakukan karena akan ada perlombaan namun setiap hari  pasar sei Sikambing dijaga kebersihannya.
“Lantai kermaik pasar ini saja selalu di pel, lihatla keramiknya bersihkan, dan bagi pedagang yang menggunakan air selalu kita himbau agar menjaga kebersihan. Misalnya pedagang ayam, mereka harusengemas buku ayam dan kotoran ayam dalam goni agar tidak menimbulkan bau menyengat apalagi jika masuk ke parit lalu lupa diangkat bisaengeluatkan ulat pastinya menganggggu kenyaman pembeli,” paprnya.
Terkait


Berita Terbaru