Home / ASAHAN / ACT Bantu Warga Korban Banjir di Asahan

ACT Bantu Warga Korban Banjir di Asahan


Edisimedan.com, Asahan- Musim penghujan di akhir tahun ini ternyata meluas, keberbagai daerah di Sumatera Utara, tak ayal luapan air dari Sungai pun membanjiri pemukiman. Tak hanya di kota Medan, dan kota Tebingtinggi yang telah mendahului, namun ternyata banjir juga ‘singgah’ ke kabupaten Asahan.

Sebagaimana yang telah di infokan sebelumnya bahwa 10 hari yang lalu tepatnya Rabu (2/12), Kabupaten Asahan juga mengalami luapan air dari Sungai Asahan. Ada sebanyak lima desa di Kecamatan Tinggi Raja dan Buntu Pane, yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

Ada sebanyak 500 kepala keluarga yang menjadi penyintas dari dampak bencana banjir ini. Namun, bencana itu tidak sampai merenggut korban jiwa. Sebab, warga sudah melakukan antisipasi. Pemerintah dalam hal ini Pemkab Asahan dengan dibantu oleh BPBD dan TNI serta POLRI berjibaku demi memberikan penyelamatan dan evakuasi kepada penyintas.

Baca Juga:  Puluhan ODP Di Kabupaten Asahan Bertambah

Begitupula dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut, bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) pun menurunkan armada bantuannya, berupa 1 unit perahu karet serta dilengkapi dengan puluhan paket pangan untuk masyarakat yang menjadi penyintas banjir di Asahan.

Dengan melibatkan tim gabungan dari relawan MRI Wilayah Sumut, MRI Asahan dan MRI Tanjungbalai, para relawan menyisir satu persatu penyintas dari rumah ke rumah mereka yang masih dalam kondisi terendam air.

Tim diturunkan di Desa Sie 2 Hulu, Dusun 1, Kec. Simpang Empat, Asahan, dikarenakan pasca banjir kemarin rumah yang ada didesa masih terendam banjir walau banjir telah usai selama 10 hari lalu. Hal ini tentu saja menyulitkan warga disana untuk beraktifitas, khususnya mencari rezeki untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  BI Amanahkan 600 Paket Sembako Ke ACT Sumut

Dengan menggunakan perahu karet yang sudah dibawa dari Markas MRI Sumut di Medan, relawan MRI membawa 30 karung beras 10 kg dan 30 kantong berisikan sembako, yang bersumber dari bantuan Program “Dedikasi Untuk Negeri Bank Indonesia”.

“Tampak raut wajah haru dari para penerima manfaat, bantuan ini begitu berarti bagi mereka yang masih terjebak didalam genangan air, yang tentu saja menghambat aktifitas mereka sehari-hari dalam mencari nafkah”, demikian jelas Ali Sahniur selaku Ketua Harian MRI Sumut.

Ali juga menjelaskan, bahwa pembagian sembako saat banjir di Asahan ini juga merupakan Implementasi Program Bank Indonesia.

Baca Juga:  Guinness Rayakan Persatuan Lewat Kemasan Edisi Batik

“Alhamdulillah dari ACT MRI SUMUT sudah menyalurkan bantuan berupa sembako dari donatur Bank Indonesia, sampai saat ini kondisi masih menggenangi perumahan warga, semoga musibah ini cepat berlalu.” Harapnya. (bd)

Terkait


Berita Terbaru