Home / MEDAN TODAY / Bobby Minta Warga Jangan Kucilkan Warga yang Terpapar Covid-19

Bobby Minta Warga Jangan Kucilkan Warga yang Terpapar Covid-19


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Tatkala Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau areal pemakaman warga korban Covid-19 di Jalan Bunga Rampai IV Simalingkar B Kamis (5/8/2021), tiba-tiba ada warga yang menangis di hadapannya.

Ternyata warga asal Martubung bernama Basariah itu baru saja melihat pemakaman Besannya yang meninggal karena terpapar Covid-19 dan dimakamkan malam tadi.

“Kenapa kami ini malah dikucilkan di masyarakat pak wali. Padahal kami sakit. Tolonglah pak wali agar bisa cepat kita lewati wabah ini,” kata Basariah sambil menangis. “Keluarga saya ini yang dimakamkan di sini,” lanjutnya terisak-isak.

Melihat peristiwa itu, Bobby pun menanggapi dengan lemah lembut dan penuh kesabaran. Kata Bobby, harus warga mendapat edukasi bahwa terpapar Covid-19 bukan suatu aib.

“Saya sampaikan kembali, agar seluruh masyarakat tidak malah menjauhi tetangganya yang terpapar Covid-19. Tapi marilah kita saling membantu dan peduli. Banyak contoh lingkungan yang sudah saling berkolaborasi bergotong-royong saling membantu untuk pulih dari Covid-19. Lebih baik melaksanakan isolasi lingkungan bila ada beberapa yang terpapar,” kata Bobby.

Baca Juga:  Bobby Serahkan Ambulance Umat ke BKM Ar Raudhah, Warga: Terima Kasih Pak Wali, Semoga Berkah

Lantas Bobby memaklumi kesedihan yang dirasakan Basariah dan mungkin seluruh masyarakat yang keluarganya menjadi korban virus yang mulanya tersebar dari Kota Wuhan itu.

“Kami tidak bisa obati rasa kehilangan yang ibu rasakan. Tapi kami terus berusaha agar menyelesaikan masalah Covid-19 ini. Saya juga harap warga yang sehat terus disiplin menerapkan Prokes. Lebih mudah mencegah daripada sudah kena. Covid bukan aib, apabila warga ada yang kena ditolong jangan malah dijauhi. Karena itu bisa jadi konflik sosial,” lanjut Bobby.

Di areal Pemakaman Covid-19 di Simalingkar B saat ini telah dimakamkan sekitar 1.581 jenazah. Dalam satu pekan terakhir terjadi pemakaman sebanyak 107 jenazah. Dan dari jumlah itu ada juga warga di luar Kota Medan yang dimakamkan di areal seluas 14 hektar tersebut.

Baca Juga:  4 Unit Papan Reklame Bermasalah Di Jalan Krakatau Dibongkar

Kata Bobby, meskipun areal pemakaman itu bisa menampung sekitar 5.000 makam namun bukan berarti masih ada sisa lahan. “Jangan anggap masih ada kuota. Kita harus pastikan angka korban meninggal menurun. Kalau bisa jangan sampai di atas 2.000. Jadi kita kembali ingatkan agar masyarakat tegas taat prokes, Covid itu ada,” terang Menantu Presiden Jokowi itu.

Maka itu sebelum jadi korban, lebih baik laksanakan Prokes dengan ketat. “Prokes itu bukan untuk menyusahkan masyarakat. Sekali lagi saya sampaikan kita ini mau hukum virusnya bukan orangnya,” pungkas Bobby.

Kadis Pertamanan Muhammad Husni mengatakan kendala saat ini hanya jalan menuju dalam lokasi pemakaman yang belum dikeraskan.

Baca Juga:  Jenazah Dokter Afrianda Novan Firsty Dikebumikan di Medan

“Dalam waktu dekat akan kita keraskan koordinasi dengan PU. Selebihnya tidak ada kendala. Bukan perkara luas areal ya, tapi kata pak wali tadi kan fokus kita untuk turunkan angka korban Covid-19 di Medan. Kalau areal masih luas ini, bahkan dalam kondisi darurat bisa kita manfaatkan lahan Kebun Binatang yang masih belum dimanfaatkan. Tapi kita berusaha bersama agar korban Covid-19 menurun dan tidak ada lagi,” kata Husni.(red)

Terkait


Berita Terbaru