Home / BINJAI / SUMUT / PDI Perjuangan Binjai : Pemko Binjai Harus Segera Sinergi Atasi Banjir Di Binjai

PDI Perjuangan Binjai : Pemko Binjai Harus Segera Sinergi Atasi Banjir Di Binjai


EDISIMEDAN.COM.Binjai – Banjir di semua kecamatan se-kota Binjai kemarin mendapat perhatian serius dari Ketua DPC PDI- Perjuangan Kota Binjai M.Syarif Sitepu. Hal ini disampaikannya saat ditemui EDISIMEDAN.COM, di ruangan kerjanya di DPRD Binjai selesai sidang rapat paripurna pengesahan R-APBD Binjai Tahun 2022 , Jum’at,(26/11) sore.

“Saya minta pihak Pemko Binjai segera sinergi dengan pihak PU Provinsi dan pusat untuk atasi maslaah banjir di Binjai ,”kata M.Syarif Sitepu

Disebutkannya sumber air yang membuat banjir di kawasan kelurahan Sumbermuiorejo , Kecamatan Binjai Timur berasal dari aliran paret saluran pembuangan air di Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur tepatnya paret pembuangan di samping kantor Brimob Binja.

Baca Juga:  Polisi Lalai, Tahanan Polres Labuhanbatu Kabur dari RSUD Rantauprapat

“Air datang dari Deli Sedang melintasi Binjai melalui paret tersebut. Deras curah hujan membuat paret pembuangan tersebut tidak mampu menampung debit air sehingga meluap kebeberapa lokasi disekitar paret tersebut termasuk kelurahan Sumbermuliorejo ,”kata M.Syarif Sitepu yang juga Wakil Ketua DPRD Binjai dari Fraksi PDI-P.

Ditambah lagi paret-paret sepanjang Jalan Soekrano Hatta Binjai Timur dimana notabene jalan tersebut merupakan jalan nasional. Lama tidak mendapat perhatian dari pihak dinas PU Provinsi dan pusat membuat saluran paret sepanjang jalan Soekarno Hatta kini menjadi pemicu banjir karena ada yang tumpat dan tidak pernah di kerok ,’terang Syarif Sitepu

Kejadian seperti ini dulu terjadi juga di kawasan Diski depatnya di depan kantor Wika. Kala itu jalan di depan kantor Wika selalu tergenang air jika hujan deras dan lama. Sekarang jalan depan Wika tersebut sudah tidak banjir lagi berkat dana aspirasi dari anggota DPR RI Bob Mamana Sitepu ,”ungkap M.Syarif Sitepu.

Baca Juga:  Kondisi Warga Madina Korban Gigitan Harimau Membaik

Tidak puas dengan pertemuan semalam, hari ini, Sabtu,(27/11) pagi , Wakil Ketua DPRD Binjai Syarif Sitepu via WharsApp kepada EDISIMEDAN.COM meminta Pemko Binjai segera Normalisasi Paret Paret Primer, berupa pengerukan (Pendalaman paret) sangat diperlukan, hal ini salah satu penyebab banjir dari tahun ke tahun , saat intensitas hujan cukup tinggi

Pemerintah kota Binjai jangan hanya mengharapkan Anggaran dari APBD Binjai untuk hal tersebut, pemko harus segera bersinergi dengan Pemerintah pusat, karena lintasan paret primer ada yg melalui jalan Nasional yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, seperti jalan Soekarno Hatta, ada paret yang harus di lebarkan dan di dalamkan.

Baca Juga:  Calon Walikota Binjai Rahmad Sori Alam Harahap Rangkul Perempuan Tangsi

Kalau tidak ada tindakan yang konkrit dan melibatkan semua pihak dalam hal ini pemerintah pusat dan pemerintah propinsi , maka banjir yang melanda kota Binjai yang hampir terjadi setiap tahun terutama saat intensitas hujan cukup tinggi, maka persoalan persoalan banjir akan menjadi rutinitas ,”kataM.Syarif Sitepu .(op)

Terkait


Berita Terbaru