Home / MEDAN TODAY / Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021 Dicanangkan, Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan

Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021 Dicanangkan, Ketua TP PKK Kota Medan Siap Bantu dan Sukseskan


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Untuk lebih meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan, Pemko Medan mencanangkan Bulan bakti Kesatuan Gerak PKK- KB Kesehatan tahun 2021 di halaman Kantor TP PKK Medan, Jalan Rotan Proyek Petisah, Rabu (1/12).

Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan yang dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan ini ditandai dengan Pemukulan gong dan penyerahan bantuan Timbangan Bayi oleh Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution kepada Posyandu yang diterima Ketua TP PKK Kecamatan. Timbangan Bayi sebanyak 200 unit ini merupakan bantuan dari Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Medan.

Selanjutnya dalam Pencanangan yang bertemakan Melalui Kegiatan Momentum kita Optimalkan Peran Mitra kerja dalam mendukung program bangga kencana untuk meningkatkan akses dan kualitas Pelayanan ini Ketua TP PKK Kota Medan juga menyerahkan hadiah dan cenderamata kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan menyerahkan alat kesehatan kepada klinik maupun praktek mandiri. Selain itu Ny Kahiyang Ayu bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan serta Kadis PP&KB juga memberikan BKB Kit Stunting ke Kelompok Bina Keluarga Balita serta menyerahkan hadiah lomba 7 PIK/R Terbaik.

Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2021 Ditandai Dengan Pemukulan Gong Oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan didampingi oleh Kadis PP dan KB, Suryadi Panjaitan

Dalam sambutan Wali Kota Medan yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan mengatakan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan telah mencapai banyak hal khususnya dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Artinya kegiatan ini merupakan bagian dalam mengintensifkan lintas sektor di bidang pemberdayaan, pembangunan keluarga dan kependudukan serta keluarga berencana atau bangga Kencana dengan kader- kader PKK sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Baca Juga:  Akhyar Buka MPLS Di SMA Negeri 3 Medan

Sofyan menambahkan Pembangunan fisik dan infrastruktur harus sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia seutuhnya. Yang dimulai dari tingkat terkecil yakni keluarga guna membangun kualitas Sumber Daya Manusia.

“PKK telah menjadi agen pembangunan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan menjadi berdampak efektifitasnya dengan adanya kader- kader yang menjangkau sampai di tingkat kelurahan bahkan keluarga. Artinya kontribusi nyata terhadap cakupan pelayanan Keluarga Berencana dan kesehatan dilakukan oleh kelompok Dasa Wisma, Posyandu, institusi masyarakat pedesaan perkotaan maupun Puskemas,” Kata Sofyan

Menurut Sofyan tantangan baru dalam pengendalian penduduk yang tidak hanya sebatas pengendalian kelahiran saja, tetapi mencakup penurunan angka kematian dan pengarahan mobilitas penduduk. Oleh karena itu melalui Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini  diharapkan dapat memanfaatkan dana kelurahan untuk memfasilitasi kegiatan dimaksud sesuai dengan aturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan Danas Desa. Regulasi ini bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang ada di 10 Program Pokok PKK.

Baca Juga:  Mantan Agggota DPD Yopie Batubara Meninggal Dunia

“Atas nama Pemko Medan saya mengapresiasi pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum meningkatkan cakupan program KB dan Kesehatan kepada masyarakat,” Jelas Sofyan dihadapan yang hadir diantaranya Ketua Kadin Medan Arman Chandra, perwakilan Forkopimda, Asisten Ekbang Khairul Syahnan, dan Pimpinan OPD serta Camat se- Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengungkapkan bahwa sebagai mitra kerja TP PKK Kota Medan mendukung penuh program Pemko Medan, salah satunya program dalam Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan yang telah dicanangkan ini seperti Pelayanan KB bahwa dua anak cukup dan pelayanan kesehatan lainnya .

“TP PKK Kota Medan siap membantu dan mensukseskan apa yang telah dicanangkan Pemko Medan. Dengan harapan semua target dalam Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tercapai,” Kata Ny Kahiyang Ayu.

Ny Kahiyang Ayu juga mengapresiasi atas antusias warga Kota Medan dengan pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan. Artinya saya mendapatkan informasi bahwa sudah banyak warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dalam Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini. “Saya berharap semoga pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini dapat berjalan sukses dan capaian program tersebut tercapai,” jelas Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Baca Juga:  Kesawan Direvitalisasi, Bobby Nasution  Akan Bangkitkan Nilai dan Narasi Sejarah-Budaya

Sebelumnya Kadis PP dan KB, dr Suryadi Panjaitan menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja, memperluas jangkauan layanan, dan meningkatkan kualitas layanan serta percepatan pencapaian berbagai Program khusus KB dan Kesehatan. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu para kader PKK untuk bersinergi dengan OPD dalam membangun kesehatan masyarakat dan lingkungan.

“Dalam Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ini berbagai kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan diantaranya pelayanan kesehatan Vasektomi dan Tubektomi, pelayanan KB IUBD dan Implant serta pemeriksaan IVA Test,” ujar Suryadi Panjaitan.

Sementara itu Ketua Kadin Medan, Arman Chandra dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi dan mendukung Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan. Sebagai mitra kerja Pemerintah,  Kadin Medan berharap akan lahir generasi yang sehat melalui pelayanan kesehatan yang diberikan Pemerintah.

” Kami memberikan bantuan timbangan bayi sebanyak 200 unit ini dengan harapan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan stunting. Artinya timbangan bayi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat bhususnya bayi agar dapat ditimbang secara berkala guna menghindari stunting,” jelas Arman Chandra yang juga merupakan Ketua Forum CSR Sumut.(red)

Terkait


Berita Terbaru