Home / BISNIS / Juda Agung dan Aida S Budiman Siap Hadapi Tantangan Ekonomi Kedepan

Juda Agung dan Aida S Budiman Siap Hadapi Tantangan Ekonomi Kedepan


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Ketua Mahkamah Agung H.M Syarifuddin mengambil sumpah dua pejabat Bank Indonesia yaitu Juda Agung dan Aida S. Budiman sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia di gedung MA, Kamis (6/1).

Juda Agung dan Aida S. Budiman  mengucapkan sumpah jabatannya berdasarkan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor tertanggal 24 Desember 2021.
Keduanya menggantikan dua Deputi Gubernur BI sebelumnya, yaitu Sugeng dan Rosmaya Hadi. Juda Agung dan Aida S. Budiman terpilih sebagai Deputi Gubernur BI setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR RI pada November 2021.
Juda Agung dan Aida S. Budiman adalah pejabat karir di BI. Juda Agung, kelahiran Pontianak 1964, sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur – Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI.
Lulusan Teknologi Pertanian IPB ini, meraih gelar Master dari University of Birmingham di bidang Commercial dan Social Science pada tahun 1995, dan mendapatkan gelar PhD di bidang Economics di universitas yang sama tahun 1999.
Juda mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991, dan pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2014-2017), Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2017), dan Pegawai Penugasan Setingkat Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia (2017-2019), serta pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di lembaga internasional IMF.
Sedangkan Aida S. Budiman, kelahiran Bogor tahun 1965, sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur – Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Lulusan bidang Agribisnis Institut Pertanian Bogor ini, meraih gelar Master di bidang Economics dari Southern California University dan mendapat gelar PhD bidang Ekonomi dari Claremont University.
Aida mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991, dan pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional (2014 – 2017).
Usai pelantikan, Juda Agung menyampaikan bahwa ia akan terus meningkatkan kerja sama dengan Gubernur beserta seluruh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dalam menyikapi berbagai tantangan perekonomian nasional ke depan, antara lain digitalisasi, UMKM, inklusi keuangan, dan perubahan iklim (climate change), serta terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah dan otoritas lain dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi.
Dalam kesempatan yang sama, Aida S. Budiman mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan akan terus berupaya menjaga amanah dengan memberikan ikhtiar yang terbaik untuk NKRI. Aida menambahkan, siap untuk bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah, otoritas terkait, dan seluruh pihak dalam mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi guna mewujudkan Indonesia Maju. (red)
Terkait


Berita Terbaru