Home / SUMUT / Rektor UINSU Terima Penghargaan Pejuang Pendidikan Dari Gubernur Sumut

Rektor UINSU Terima Penghargaan Pejuang Pendidikan Dari Gubernur Sumut


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Prof.Dr. Syahrin Harahap MA memperoleh penghargaan sebagai pejuang pendidikan Sumatera Utara dari Gubernur Sumut,  Edy Rahmayadi pada  kegiatan penyematan medali penghargaan perjuangan 9 windu kemeredekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman No.41 Medan, Jumat (11/3).

Dengan adanya penghargaan itu sebut Syahrin Harahap merupakan apresiasi dan Kehormatan yang sangat tinggi.

“Walaupun tidak disadari oleh semua orang sebenarnya dengan penghargaan seperti ini kita telah mengalami kemajuan yang luar biasa di dalam mengaktualisasikan perspektif kita tentang perjuangan. Kalau perjuangan itu misalnya kita hanya lihat perjuangan kemerdekaan  maka nanti tak berapa lama lagi kita akan kehilangan menu untuk bicara tentang perjuangan bangsa,” katanya.

Ia juga menyebutkan  kehadiran DHD45 ini membuka koridor pembicaraan mengenai itu sehingga dengan memberikan penghargaan tidak lagi dalam perjuangan kemerdekaan secara sempit tetapi mengisi kemerdekaan memajukan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

‘Kalau misalnya kita lemah dalam pendidikan kan kita terjajah oleh karenanya perjuangan di bidang pendidikan dan lain- lain saya kira itu layak mendapatkan penghargaan. Diharapkan muncul semangat yang tinggi dari semua bangsa Indonesia terutama yang bergerak di bidang pendidikan untuk melakukan usaha dan pekerjaan  agar pendidikan manusia Indonesia itu jadi lebih baik,” kata Syahrin Harahap yang dalam waktu dekat juga sebagai Ketua MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara ke -38.

Baca Juga:  Pengungsi Erupsi Sinabung Gugat Pemerintah

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap guru, senior dan orang tua yang tergabung dalam Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sumut untuk dapat membantunya memberikan masukan ide dan saran dalam membangun Sumut yang bermartabat. Edy Rahmayadi meyakini Dewan Kehormatan DHD45 memiliki segudang pengalaman dalam membangun bangsa ini.

Pada kegiatan itu juga Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengharapkan semua pejuang ini dapat membantunya dalam membangun Sumatera Utara.

“Saya ingin Sumut ini bermartabat dan menjadi nomor satu dari 34 provinsi lainnya di Indonesia. Untuk itu saya berharap pada seluruh Dewan Kehormatan DHD45 yang keseluruhanya memiliki pengalaman untuk dapat membantu saya memberikan masukan untuk membangun Sumut yang lebih bermartabat,” ucap Edy Rahmayadi selaku Ketua Dewan Kehormatan DHD45.

Baca Juga:  Pemprovsu Gencarkan Gerakan Selamatkan Sei Deli

Penyematan mendali ini menurut Edy Rahmayadi merupakan sebagai bentuk perhatian dan ucapan terimakasih pada seluruh pejuang kemerdekaan dan setelah kemerdekaan yang telah memberikan sumbangsih perjuangan membangun Sumut.

“Ini merupakan bentuk terimakasih kami pada senior, guru dan orangtua kami atas segala bentuk pengorbanan telah dilaksanakan oleh para pejuang, dan kami hanya meneruskan perjuangan dari para senior kami,” katanya.

Dalam meneruskan perjuangan yang saat ini ia diamanahkan sebagai Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan telah mengerahkan segala kemampuan dari pikiran, finansial dan lainnya demi Sumut yang merupakan kampung halaman yang sangat ia cintai. “Dengan segala kelemahan kami, kami akan berusaha membangun Sumut ini. Untuk itu orang tua dan senior kami minta untuk terus mendoakan saya dan juga wakil gubernur dengan mendukung kami untuk terus berjuang sampai masa itu nanti berakhir,” katanya.

Baca Juga:  Gubsu Resmikan Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan

Sementara Ketua DHD45 Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasim kesempatan itu mengatakan merawat semangat perjuangan harus selalu digelorakan pada seluruh masyarakat dengan membudayakan jiwa semangat kemerdekaan. Saat ini menurut M Hasim semangat perjuangan yang harus dilakukan adalah merawat situs perjuangan sebagai bentuk memori kebangsaan hasil dari perjuangan tersebut.

“Kami berharap pada yang menerima penghargaan untuk memegang teguh nilai juang, dan menjadi tauladan bagi masyarakat,” katanya.

Penerima mendali penghargaan perjuangan 9 windu kemeredekaan Republik Indonesia antaralain Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, 3 orsng mantan Gubernur Sumut Rudolf Pardede, Syamsul Arifin, Tengku Erry Nuradi, Ketua DHD45 Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasim, Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Bupati Batubara Zahir, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak.

Pimpinan Umum Harian Waspada Rayati Safrin, Pimpinan Umum Harian Mimbar Umum Muhammad Hasbi Al Fauz Lubis, 4 mantan Sekda Sumut, RE Nainggolan, Hasban Ritonga, Nurdin Lubis, R Sabrina. (red)

Terkait


Berita Terbaru