Home / BISNIS / CEO XL Axiata Resmikan Masjid Wakaf Karyawan di Aceh Barat

CEO XL Axiata Resmikan Masjid Wakaf Karyawan di Aceh Barat


EDISIMEDAN.com,MEULABOH – Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini, meresmikan masjid yang merupakan wakaf dari manajemen perusahaan dan karyawan XL Axiata, Senin (28/3). Masjid Soetiman yang dimaksud berlokasi di Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T menyampaikan kata sambutannya secara online.

Turut hadir dalam peresmian ini antara lain, Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia, CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, Group Head XL Axiata, Desy Sari Dewi, Head of Sales XL Axiata Sumut Outer – Aceh, Oloan Monang Sinambela, Ketua MTXL Pusat, Yanuar Tirta Kumaya, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. Bukhari,MM, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Aceh Barat, Mawardi,SH dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dian Siswarini mengungkapkan rasa syukur bahwa pembangunan masjid tersebut bisa selesai lebih cepat dari perkiraan sebelumnya sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. “Kami sangat bersyukur bisa menyelesaikan pembangunan dan kemudian mewakafkan masjid ini kepada masyarakat Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Pilihan kami membangun masjid di sini tidak terlepas dari keinginan lama kami untuk bisa memberikan penghargaan kepada masyarakat Aceh Barat dan Provinsi Aceh pada umumnya, di mana kami telah hadir di tengah masyarakat Aceh sejak 2005 silam melalui jaringan dan layanan telekomunikasi.”

Baca Juga:  Pertamina Operasikan BBM Satu Harga Di Nias

Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, mengatakan, “Mewakili warga masyarakat Kabupaten Aceh Besar dan khususnya warga Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dan secara pribadi, saya menyampaikan terima kasih penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ibu Dian Siswarini, keluarga besar karyawan XL Axiata dan Rumah Zakat yang memberikan hadiah sangat bernilai bagi kami, yaitu Masjid Soetiman yang bagus dan indah ini. Terlebih, beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, sehingga bisa digunakan masyarakat untuk beribadah, jadi ini sungguh hadiah yang luar biasa. Saya berharap, masyarakat Desa Blang Beurandang bisa menjaga masjid ini sebaik-baiknya, agar menjadi tempat beribadah dan juga pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan mengucapkan Bismillah, saya resmikan Masjid Soetiman.”

Proses pembangunan Masjid Soetiman ini dimulai sejak awal Oktober 2021 dan selesai pada Maret 2022, dana pembangunan masjid yang berukuran 19 meter X 21 meter ini sepenuhnya berasal dari manajemen dan wakaf karyawan XL Axiata. Latar belakang pembangunan masjid ini, karena sejak tsunami 2004 belum ada masjid di desa ini. Pengerjaan konstruksi hingga finishing dilakukan di bawah koordinasi Yayasan Rumah Zakat Indonesia sebagai mitra MTXL Axiata. Fasilitas yang tersedia di masjid ini antara lain berupa karpet seluruh area dalam masjid, karpet area mihrab, mimbar, sound system, kipas angin dinding 4 sisi, mic standar dan wireless, lemari mukena, lemari sarung, lemari Al-Quran dan peralatan kebersihan. Guna mendukung kelancaran aktivitas warga, XL Axiata juga memasang seperangkat router internet lengkap dengan paket data 20GB gratis yang akan diisi setiap bulan selama setahun.

Baca Juga:  Karyawan XL Axiata Ikuti Donor Plasma Konvaselen

Wakaf sebagai salah satu program rutin Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Dalam kesempatan yang sama Majelis Taklim XL Axiata juga menyalurkan Donasi untuk anak yatim piatu. MTXL Axiata akan bekerjasama dengan Rumah Zakat Indonesia juga akan memberikan pendampingan selama 1 tahun kedepan berupa penyuluhan dan pelatihan untuk pemaksimalan dalam memanfaatkan fasilitas yang terdapat di masjid wakaf ini.

Perkuat Jaringan di Pantai Barat Aceh

XL Axiata terus memperkuat jaringan seiring dengan terus meningkatnya trafik data di seluruh area Provinsi Aceh, termasuk wilayah pesisir Barat Aceh. Di wilayah ini, XL Axiata memiliki total 216 BTS 4G, yang tersebar di 6 kabupaten. Sebaran BTS 4G di masing-masing area adalah Aceh Besar 134 BTS, Aceh Barat 29, Aceh Jaya 5, Aceh Barat Daya 21, Aceh Selatan 18, dan Aceh Singkil 9. Selain BTS, jaringan XL Axiata di wilayah yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini juga diperkuat oleh jaringan backbone fiber optic sepanjang 530 km, yang terhubung dengan jaringan di seluruh Sumatera.

Baca Juga:  Volume Transaksi dengan Kartu Visa di Medan Berkembang Pesat

Saat ini, jaringan data XL Axiata di seluruh kabupaten pesisir sebelah Barat Aceh ini telah menjangkau total 54 kecamatan dan 1186 desa. XL Axiata akan terus memperkuat jaringan di wilayah ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk terus memperkuat dan memperluas jaringan data 4G di luar Jawa, hingga pelosok-pelosok daerah yang masuk kategori 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

“Keberadaan jaringan data XL Axiata di wilayah pesisir Barat Aceh ini tentu akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mendukung berbagai aktivitas produktif, selain juga untuk meningkatkan literasi digital mereka. Terletak di area yang cukup jauh dari kota-kota besar di Aceh maupun Sumatera Utara, keberadaan jaringan data dengan kecepatan tinggi di wilayah ini tentu sangat dibutuhkan untuk mengurangi kesenjangan akses digital,” jelas Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Aceh, XL Axiata telah mengoperasikan total sekitar 2.150 BTS, termasuk sekitar 1.120 BTS 4G untuk melayani sekitar 678.700 pelanggan. Jaringan data milik XL Axiata di Provinsi Aceh juga telah menjangkau dan melayani pelanggan di pulau-pulau terpencil seperti Simeulue, Sabang, Breuh, dan Nasi, yang tersebar di perairan Samudera Hindia.(red)

Terkait


Berita Terbaru