Home / MEDAN TODAY / Safari Ramadhan, Pemko Medan Apresiasi Upaya Masjid Al Hasanah dalam membina Generasi Muda Masjid

Safari Ramadhan, Pemko Medan Apresiasi Upaya Masjid Al Hasanah dalam membina Generasi Muda Masjid


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Pemko Medan mengapresiasi upaya Masjid Al Hasanah dalam merangkul dan membina jamaah khususnya generasi muda di sekitar masjid untuk lebih bertaqwa dan menjadi pribadi yang kuat kedepannya. Tentunya upaya yang dilakukan ini sejalan dengan program yang tengah digalakkan yakni masjid mandiri dimana masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah melainkan sebagai sentra aktifitas masyarakat.

“Kita mengapresiasi dan mendukung upaya BKM Masjid Al Hasanah dalam merangkul dan membina jamaah, tentunya ini sejalan dengan program Pemko Medan yakni masjid mandiri dimana program ini bertujuan membangun kemajuan ekonomi umat dan peradaban Islam dari masjid,” Kata Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman ketika melakukan Safari Ramadhan di Masjid Al Hasanah, Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Senin (18/4).

Dijelaskan Aulia Rachman, Program masjid mandiri, sangat sederhana namun bermakna bagi jamaah dan masyarakat di sekitar masjid. Oleh karena itu apa yang dilakukan Masjid Al Hasanah merupakan salah satu kriteria dari program tersebut yakni membangun sebuah mental dan moral anak-anak generasi muda bahkan seluruh jamaah termasuk orang tua.

Baca Juga:  Wali Kota : Pengelolaan Parkir Dapat Meningkat

“Apa yang dilakukan BKM Masjid Al Hasanah ini adalah membangun keimanan dan mental yang baik bagi insan manusia yang masuk ke dalam masjid untuk beribadah. Tentunya selain upaya ini, kriteria lainnya seperti pemberdayaan ekonomi juga harus dilakukan BKM agar masjid Al Hasanah menjadi masjid Mandiri,” Jelas Aulia Rachman.

Wakil Wali Kota Medan menambahkan Pemko Medan akan membantu masjid Al Hasanah untuk mendirikan koperasi di Masjid sehingga akan membantu meningkatkan perekonomian di sekitar masjid. Artinya kita akan bantu untuk terbentuknya koperasi masjid. Setelah terbentuk Pemko  Medan juga akan mendukung koperasi tersebut dengan mensuplai sembako yang BKM dapat membayarnya di akhir bulan.

Baca Juga:  P3SU Medan Tembung Atasi Sampah Plastik Pemicu Banjir

“Makna adanya koperasi di masjid adalah untuk membangun kekuatan ekonomi di masjid. Artinya sembako yang dijual di masjid dengan selisih harga dari pasar akan menjadi sedekah dan infaq pembeli atau jamaah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk warga yang kurang mampu di sekitar masjid,” ungkap Aulia Rachman.

Selanjutnya Aulia Rachman meminta seluruh jama’ah masjid untuk dapat mendoakan Wali Kota Medan dan dirinya agar diberi kekuatan dan kesehatan dalam memimpin serta mewujudkan seluruh program Pemko Medan. “Kami sangat butuh doa seluruh jamaah dan masyarakat untuk memimpin dan memajukan Kota Medan kedepannya,” Ujar Aulia Rachman.

Dalam Safari Ramadhan ini Wakil Wali Kota Medan memberikan bantuan kepada BKM Masjid Al Hasanah baik itu paket sembako Ramadhan dan uang senilai Rp 50 Juta rupiah yang diterima Ketua BKM Dalim S.Sos. Selain itu pemko Medan juga menyantuni anak yatim piatu yang ada di sekitar masjid.

Baca Juga:  Eldin: Buat KTP di Medan Cukup 5 Hari, Gratis!

Sebelumnya Ketua BKM Masjid Al Hasanah Dalim S.Sos mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemko Medan untuk kemakmuran masjid. Tentunya kami bersyukur masjid Al Hasanah menjadi tujuan Safari Ramadhan Pemko Medan. Kedepannya kami akan melaksanakan kegiatan sesuai kriteria Masjid Mandiri sebagai bentuk dukungan atas program tersebut.

“Kami merangkul dan membina jamaah maupun generasi muda di sekitar masjid dengan melibatkan mereka dalam setiap kegiatan. Selain itu agar untuk memotivasi mereka, BKM menyediakan rompi dan baju Koko untuk seluruh jamaah dan pemuda masjid,” Jelasnya.

Safari Ramadhan Pemko Medan ini diisi juga dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Al ustadz Zulfikar Hajar. Dalam tausiyah Al Ustadz menyampaikan bulan Ramadhan ini hendaknya dapat menjadikan kita pribadi yang lebih beriman dan bertaqwa.(red)

Terkait


Berita Terbaru