Home / BISNIS / Pasca Pandemi Covid-19, Perekonomian di Sumut Tumbuh Pesat

Pasca Pandemi Covid-19, Perekonomian di Sumut Tumbuh Pesat


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Pasca pandemi Covid-19 terkendali, pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Utara saat ini bertumbuh pesat. Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank (BI) Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media (BBM) di Gedung BI Sumut, Jalan Balai Kota No.4, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Selasa (31/5/2022).

“Perkembangan ekonomi di Sumatera Utara pada triwulan I di tahun 2022 tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya,” kata Deddy didamping Deputi Direktur BI Sumut.

Deddy menambahkan, khusus pada triwulan I tahun 2022 ekonomi Sumatera Utara (Sumut) tumbuh 3,90 % (yoy) dan tentu saja hal tersebut meningkat dari triwulan IV pada tahun 2021.

Baca Juga:  Pertamina Dukung Pemulihan Ekonomi Sumut Lewat Pertashop dan Permodalan UMKM

“Pada tahun 2022 (triwulan I) ini ekonomi masyarakat kembali pulih setelah pandemi Covid-19 yang memuncak pada tahun 2021 lalu. Dari sisi pengeluaran, ekspor mencatat pertumbuhan tertinggi dan secara net tumbuh mencapai 4,07 % (yoy),” jelasnya.

Lebih lanjut, jika dilihat dari sisi lapangan usaha, sektor perdagangan mengalami pertumbuhan tertinggi dan terdapat dua sumber pertumbuhan yaitu transportasi jasa keuangan. “Secara spesial, andil terbesar ekonomi Sumatera disumbang oleh Riau dan Sumatera Utara,” tandasnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru