Home / NEWS / Wali Kota Sidimpuan Ikut Serta Tanam Bawang Merah di Labuhan Labo

Wali Kota Sidimpuan Ikut Serta Tanam Bawang Merah di Labuhan Labo


EDISIMEDAN.com, MEDAN–  Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, mengikuti kegiatan ‘Gerakan Tanam Bawang Merah’ di areal milik anggota Kelompok Tani Makmur Bersama Kelurahan Labuhan Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Kamis (09/06) siang.

“Gerakan tanam bawang merah ini untuk memotivasi petani di Kota Padangsidimpuan agar menanam bawang merah dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” sebutnya dihadapan seratusan anggota poktan dan undangan lainnya.

Ia mengemukakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) telah memberikan bantuan bibit bawang merah, berikut pupuk kompos, kepada sejumlah poktan di Kota Sidimpuan. Bantuan tersebut, kata Irsan Efendi, harus dimanfaatkan petani penerima. Caranya, dengan melakukan pengolahan lahan sebelum melakukan penanaman dan merawat bawang merah hingga panen.

Baca Juga:  Total Tiga Korban Kebakaran Sumur Minyak di Aceh Dirujuk ke Medan, Dua Meninggal Dunia

“Saya ingin bantuan ini bisa diatur dan dapat dimaksimalkan agar hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Kota sidimpuan,” ujarnya.

Irsan Efendi juga mengimbau petani penerima bantuan menyisihkan sebagian hasil panen untuk dijadikan bibit agar bisa digunakan pada pertanaman berikutnya. Dengan cara itu, para petani tidak lagi kesulitan mendapatkan bibit bawang merah untuk memulai pertanaman yang baru.

“Kita meyakini, bila itu dilakukan, para petani tidak lagi kesulitan mendapatkan bibit bawang merah,” tukasnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Sumut, Syahrul Efendi Siregar, yang menyempatkan diri hadir pada kegiatan itu menyatakan, sektor pertanian merupakan salah satu program RPJMD Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah.

Baca Juga:  Ada Labora Sitorus di Bandara Silangit? Ini Kata Kalapas Cipinang

“Bibit bawang dan pupuk kompos bantuan yang bersumber dari APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022 yang kita tanam ini merupakan bukti keseriusan Bapak Gubernur Sumatera Utara dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” tegas politisi dari PDIP ini.

Sementara, pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut yang diwakili Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura, Adri Airil Nasution, menjelaskan, bantuan bibit bawang merah sebanyak 700 kilogram berikut pupuk kompos seberat 4 ton diberikan kepada lima poktan di Kota Padangsidimpuan.

Kelima poktan dimaksud yakni Poktan Adil Kelurahan Ujung Gurep dan Poktan Suka Maju Kelurahan Simirik, keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Poktan Lestari Kelurahan Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Poktan Makmur Bersama Kelurahan Labuhan Labo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara serta Poktan Satahi Kelurahan Simatohir Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu.

Baca Juga:  Gempa Bumi Semakin Intens, Pemprovsu Minta Pengelola Gedung Bertingkat Punya Disaster Managemen

“Ada seluas lima hektar areal pertanaman bawang merah yang dibantu di Kota Sidimpuan dan tiga hektar untuk pertanaman kentang,” urai Adri yang hadir bersama Staf Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Iman Rahmat Catur.

Pihaknya juga mengharapkan para petani penerima bantuan untuk tidak ragu berkonsultasi dengan personil Penyuluh Pertanian Lapangan, PBT (Pengawas Benih Tanaman, red) dan Pengamat Hama Penyakit yang ada di daerah, bila menemukan kendala saat bercocok-tanam. Tujuannya agar para petani bisa menuai hasil panen yang maksimal. (red)

Terkait


Berita Terbaru