Home / SUMUT / Nawal Lubis Bagikan Bantuan Pangan Olahan Ikan ke Panti Asuhan

Nawal Lubis Bagikan Bantuan Pangan Olahan Ikan ke Panti Asuhan


EDISIMEDAN.com, SIMALUNGUN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis memberikan bantuan pangan hasil olahan ikan berupa steak, nugget dan abon kepada anak-anak panti asuhan Bumi Keselamatan Margarita (BKM) Gereja Kristen Protestas Simalungun (GKPS) di Pendopo Timothy Integrated Farm, Jalan Silau Malaha Blok Songo, Kabupaten Simalungun, Jumat (1/7).

Langkah ini dilakukan untuk mendukung pemenuhan protein anak panti melalui makanan olahan ikan, sekaligus mengampanyekan gemar makan ikan di tengah masyarakat. Karena ikan merupakan bahan pangan sehat yang mengandung Omega 3, serta bergizi tinggi, yang cukup baik untuk kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi, serta mencegah stunting pada anak.

Nawal Lubis mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat untuk mencegah stunting dan gizi buruk, salah satunya dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di kalangan masyarakat.

Baca Juga:  Sejumlah PTS di Labuhanbatu Diduga tak Terdaftar di Kopertis

Pada kesempatan tersebut, Nawal memberikan beberapa pertanyaan kepada anak- anak panti di antaranya jenis ikan yang biasa dikonsumsi. ” Anak-anakku sehat semua kan, suka makan ikan, sekarang ibu mau bertanya, siapa yang bisa menyebutkan lima nama-nama ikan, ini yang cantik kriting coba dijawab,” ujar Nawal.

Lalu anak panti yang bernama Lina menjawab ikan nila, gabus, lele, mas dan ikan gembung. “Pintar kamu, jawabannya benar semua,” ujar Nawal, sembari memberi hadiah kepada Lina.

Menurut Nawal, Simalungun daerah yang subur, sepanjang jalan banyak kolam ikan dan berharap anak-anak Sumut tidak lagi mengalami gizi buruk atau stunting. “Jadi anak-anak panti setelah keluar panti bisa memberitahu kawan-kawannya akan pentingnya konsumsi ikan untuk menambah kesehatan dan kecerdasan,” harapnya.

Baca Juga:  KPU Binjai Gencar Sosialisasi ke Ormas dan Milenial

Nawal juga mengingatkan kepada anak-anak panti untuk tetap semangat belajar dan berdoa hindari kegiatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. “Anak-anak semangat belajar, berdoa, jangan bersedih, kami menyayangi kalian semua, hindari narkoba agar kelak menjadi generasi sehat, kuat dan cerdas,” katanya.

Kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Nawal juga berharap, melalui Dasa Wisma untuk terus menyosialisasikan dan mengedukasi masarakat bahwa mengkonsumsi ikan sangat baik bagi kesehatan.
“Sampaikan hingga ke dusun-dusun, kepada masyarakat, bahwa makan ikan sangat baik, apapun jenis ikannya, ikan mengandung protein tinggi, apalagi bagi ibu pada masa kehamilan hingga memberikan asi agar anak yang lahir sehat dan tidak mengalami stunting,” sebutnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ratnawati mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran Ketua TP PKK Sumut. “Saya bangga sudah tiga kali ibu datang ke Simalungun dan sering-seringlah ke sini agar Simalungun ini lebih semangat lagi ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:  Kukuhkan Pengurus KPPSU, Nawal Harapkan Jadi Inspirasi Perempuan

Ratnawati berharap melalui kegiatan ini, akan terbangun kesadaran masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan. Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

Dalam kesempatan itu Ketua Panti BKM GKPS Heldiana Malau mengucapkan apresiasi atas perhatian Ketua TP PKK Sumut yang telah hadir berbaur bersama anak panti, dengan mengedukasi anak panti agar mereka lebih baik lagi kedepan.

“Kami syukur kehadiran ibu ini memberi pencerahan dan memotivasi anak-anak panti, semoga Tuhan memberkati pelayanan ibu mendampingi Bapak Gubernur di dalam melakukan tugas-tugasnya,” katanya.(red)

Terkait


Berita Terbaru