Home / MEDAN TODAY / Pelatihan Membatik Wujud dari Program Prioritas Bobby Nasution

Pelatihan Membatik Wujud dari Program Prioritas Bobby Nasution


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Pemko Medan melalui Dinas Perindustrian Kota Medan menggelar Pelatihan Membatik untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Ardhiani Batik, Jalan Bersama Gang Musyawarah, Kelurahan Bantan, Medan Tembung, Kamis (14/7). Pelatihan membatik ini merupakan upaya untuk mewujudkan Satu Kelurahan Satu Sentra Usaha (Sakasanwira) program Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Selain itu pelatihan yang diikuti 20 peserta yang berasal dari IKM di kecamatan Medan Tembung ini juga merupakan bentuk dari pengembangan UMKM yang termasuk dalam program prioritas Bobby Nasution. Selama 10 hari mulai dari tanggal 14 Juli sampai 25 Juli 2022 peserta akan dilatih oleh  instruktur terkait  dengan peningkatan kemampuan atau skill maupun inovasi desain motif batik.

Baca Juga:  Bobby Nasution Ajak GP Ansor Kolaborasi Wujudkan Medan Berkah, Maju & Kondusif

Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution ketika membuka pelatihan ini mengatakan saat ini Pemko Medan dibawah kepemimpinan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution tengah fokus terhadap pengembangan UMKM. Oleh karenanya pelatihan membatik ini adalah satu satu upaya kita untuk mewujudkan keinginan Bobby Nasution. Artinya melalui pelatihan ini dapat meningkatkan Peluang usaha dan peluang kerja di bidang sandang melalui peningkatan inovasi produk industri batik.

“Diharapkan pelatihan membatik yang digelar ini dapat meningkatkan kemampuan atau skill serta keterampilan masyarakat khususnya pelaku IKM dibidang sandang khususnya batik, sehingga selesai pelatihan ini dapat meningkatkan inovasi produk batik dan meningkatkan peluang usaha dan peluang kerja di bidang industri Batik,” Jelasnya.

Baca Juga:  Perkuat Tracing dan Testing, Pemko Medan Semakin Siap Mencapai PPKM Level II

Sebelumnya  Kabid Sumber Daya Industri Dinas Perindustrian Linda Mora menjelaskan pelatihan membatik ini selain untuk meningkatkan skill dan kemampuan juga merupakan wadah untuk pelaku IKM dalam meningkatkan inovasi desain motif batik. Dengan pelatihan ini nantinya kedepannya dapat meningkatkan jumlah IKM membatik dengan kemampuan yang dapat handal dibidang membatik.

“Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan membatik ini 20 orang dari Kecamatan Medan Tembung. Mereka selama 10 hari akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dan langsung menjalani praktek. Kita harapkan kegiatan ini dapat mewujudkan program Pak Wali Kota Medan dalam pengembangan UMKM,” Jelasnya.(red)

Terkait


Berita Terbaru