Home / MEDAN TODAY / Walikota Bobby Nasution Apresiasi Langkah JNE Resmikan Plaza UMKM Pesona Nusantara

Walikota Bobby Nasution Apresiasi Langkah JNE Resmikan Plaza UMKM Pesona Nusantara


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Pandemi COVID-19 yang melanda tanah air sejak tiga tahun silam menyadarkan para pegiat bisnis, utamanya UMKM bahwa transformasi digital perlu digalakkan. Berbagai program dilakukan oleh para pemangku kepentingan guna mendongkrak perekonomian masyarakat. Melihat urgensi tersebut, JNE sebagai mitra UMKM Medan menggelar webinar JNE Ngajak Online, Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Medan.

Tak hanya berisikan talkshow seputar bisnis online, JNE juga meresmikan dibukanya Plaza UMKM Pesona Nusantara. Peresmian ini dilakukan secara simbolis melalui pemotongan pita oleh Fikri Alhaq Fachryana selaku Branch Manager JNE Medan pada Jumat, 29 Juli 2022 dan disaksikan oleh lebih dari 200 UMKM secara virtual.

Bobby Nasution selaku Walikota Medan melalui perwakilannya Benny Nasution selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan menyatakan “UMKM dilaporkan banyak alami permasalahan, ini perlu diperhatikan. Kaitannya dengan modal, UMKM terkadang tidak memiliki jaminan atau aset. Sementara untuk produksi, seringkali terbatas izin usaha serta produk tidak berkelanjutan.”

Oleh karenanya, Bobby mendukung upaya JNE dalam meresmikan Plaza UMKM Pesona Nusantara. “Saya mengapresiasi upaya JNE dan seluruh pihak yang berpartisipasi dalam pembangunan Plaza UMKM, semoga upaya ini mampu membuka peluang pasar yang lebih luas”, sambutnya pada JNE Ngajak Online, Jumat (29/7).

Baca Juga:  Benny Sihotang: Datang ke TPS 9 Desember 2020, Cucuk Nomor 2 Lalu Pulang

“Tempat ini menjadi ruang bagi pelaku UMKM untuk berkolaborasi demi memajukan perekonomian UMKM Medan. Kami ingin produk yang kami tampilkan di sini mengandung produk unggulan nusantara. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan kosumen yang ingin melihat produk secara langsung sebelum mereka Go Online”, ujar Fikri Alhaq Fachryana selaku Branch Manager JNE Medan.

Dibukanya Plaza UMKM Pesona Nusantara menjadi langkah strategis serta komitmen JNE untuk mendukung keberlangsungan UMKM agar naik kelas. Tak ayal, upaya ini disambut baik oleh narasumber yang hadir, Ira Wahyuni Assari selaku Founder Koaki.id dan Bambang Irawan selaku Founder Affinois.

Membuka diskusi siang ini, Bambang menyatakan rasa syukurnya atas layanan JNE yang mampu menghantarkan paket ke penjuru negeri dengan cepat dan aman, sejalan dengan tagline JNE “Connecting Happiness”.

Merintis bisnis sejak 2013, Bambang menekankan pentingnya berinovasi di tengah kondisi kompetitor yang sedang mengalami krisis. Hal ini berkaca pada pengalamannya saat pandemi lalu, “Dua tahun lalu Affionis sangat terdampak pandemi. Ini pentingnya melihat peluang, ketika merek besar sedang tertidur, kita memperbanyak anggaran untuk beriklan hingga tiga kali lipat.”, ujar Bambang.

Baca Juga:  Desatu Hotel Diharapkan Dapat Tingkatkan Industri Pariwisata

Strategi ini sukses mengalirkan omzet hingga skala pengiriman produknya terus meningkat. Di sisi lain, Ira Wahyuni Assari selaku Founder Koaki.id menyatakan “Menghadapi pandemi, kami rutin melakukan endorsement dan mulai fokus berjualan di e-Commerce. Hal ini dikarenakan target pasar kami adalah kawula muda yang keinginan belanjanya melalui e-Commerce pasti tinggi.”, ujar Ira.

Selain itu, kedua narasumber ini sepakat bahwa jasa pengiriman memainkan peranan penting dalam bisnis, terutama untuk menghadapi persoalan permintaan konsumen agar barang cepat sampai.

Menjawab persoalan tersebut, JNE menghadirkan Davis Gunawan selaku Head of Marketing Research Division JNE yang menjelaskan mengenai Roket Indonesia.

“Roket adalah layanan kurir instan baru dari JNE, untuk dalam kota sangat membantu dengan estimasi kirim 30 menit dan langsung diterima konsumen. Pengirim juga dapat mengawasi kapan estimasi paket tiba.”, pungkas David.

Baca Juga:  Abu Sinabung Mulai Mengganggu Jadwal Penerbangan di Kualanamu

Dirilis sejak Desember 2021 silam, layanan ini hadir guna mendukung UMKM agar mampu memenuhi permintaan produk segera sampai di tangan konsumen dengan instan dan aman.

Perhatian perusahaan yang bergerak di sektor logistik dan ekspedisi ini tak terhenti pada itu saja, Fikri Alhaq Fachryana selaku Branch Manager JNE Medan menambahkan “JNE memberikan potongan harga hingga 30 persen bagi tiga bulan pertama UMKM berjalan di kanal digital. Untuk UMKM makanan, kita sediakan garansi apabila basi dan YES (Yakin Esok Sampai).”, tambahnya.

Selain itu, JNE juga menghadirkan layanan Cash on Delivery (COD), ekonomi, kargo, dan gerai JNE telah hadir di seluruh kecamatan Medan. Sebagai informasi, Medan merupakan kota ke-32 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Medan, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Balikpapan pada 5 Agustus 2022.(red)

Terkait


Berita Terbaru