Home / NEWS / Bersama AIMI Sumut, Rumah Zakat Cegah Stunting di Kelurahan Kota Matsum II

Bersama AIMI Sumut, Rumah Zakat Cegah Stunting di Kelurahan Kota Matsum II


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Pelatihan kader posyandu di bulan ini di isi Oleh Dr. Hazwani Fadila dengan materi Pentingnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah gizi, Dengan peserta perwakilan kader posyandu yang ada di kota matsum II.

Inisiasi menyusu dini adalah proses bayi menyusu segera setelah di lahirkan. Dimana bayi dibiarkan mencari putting susu ibunya sendiri (tidak di sodorkan ke putting susu). ASI eksklusif 0-6 bulan pertama, dan melanjutkan ASI hingga usia anak dua tahun dengan kontribusi sekitar 30 persen masuk melalui pembukaan kelas-kelas edukasi dan sosialisasi kepada ibu muda serta keluarga untuk program ASI eksklusif. Inisiasi Menyusu Dini akan sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian ASI Eksklusif ( ASI saja) dalam Menyusui.

Baca Juga:  Victor Simanjuntak Cetuskan Slogan Baru Sumut: Semua Urusan Mudah dan Transparan

Rumah zakat melakukan kegiatan pelatihan kepada kader posyandu setiap bulannya dengan materi yang berbeda dengan tujuan berharap kepada para kader-kader posyandu binaan mempunyai pengetahuan tentang ASI eksklusif dan MP-ASI serta keterampilan pemantauan pertumbuhan dan keterampilan memberikan konseling.

Peranan tenaga kader posyandu sangat besar terhadap keberhasilan peningkatan pemberdayaan ibu, peningkatan dukungan anggota keluarga serta peningkatan kualitas makanan bayi dan anak yang akan meningkatkan status gizi balita. Selama pelatihan materi yang diberikan berupa teori mengenai pemberian ASI Ekslusif dan MP-ASI, pemantauan dan pertumbuhan bayi dan balita.

“Kami sangat senang dengan adannya pelatihan kader posyandu ini karena sangat menambah ilmu dan bisa di sampaikan ulang kepada ibu-peserta posyandu. Semoga kedepan ada materi-materi baru yang bisa kami dapatkan dan bisa kami sampaikan kepada ibu yang datang ke posyandu ( tutur ibu Mutia ) peserta pelatihan Kader posyandu di rumah gizi,” ucap Sapril Hasibuan sebagai Program Executor (PE)  Rumah Zakat. (red)

Baca Juga:  Rumah Zakat Hadirkan Rumah Qur'an Juara di Medan

 

Terkait


Berita Terbaru