Home / KESEHATAN / HKN ke-58, Kadis Kesehatan Sumut Ingatkan Perilaku CERDIK

HKN ke-58, Kadis Kesehatan Sumut Ingatkan Perilaku CERDIK


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Sampaikan rangkaian kegiatan di Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Utara (Sumut) Ismail Lubis ingatkan masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dengan mengikuti perilaku CERDIK.

“Hari Kesehatan Nasional diadakan karena kesehatan aset penting untuk kita. Menjaga kesehatan diantaranya dengan melakukn perilaku cerdik. Apa itu cerdik? C nya itu cek kesehatan secara rutin setiap bulan. Cek gula, cek kolestrol dan lainnya,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Dinkes Sumut, Jalan Pof H.M Yamin, Kamis (10/11/2022).

Selain itu, lanjut Ismalil E dimaksudkan enyahkan asap rokok dan R untuk rajin aktivitas fisik. “Kalau udah cerdik janganlah lagi merokok khususnya di tempat umum dan agar badan tetap bugar, aktivitas fisik menjadi hal paling penting,” katanya.

Baca Juga:  Bayi Kembar Siam di RSUPHAM, Tim Dokter Belum Putuskan Operasi Pemisahan

Menjaga tubuh agar tetap sehat, lanjut Ismail juga harus dilakukan dengan Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup dan terakhir Kelola stres. “Kami berharap pers ikut mengedukasi, promosi kepada masyarakat tentang perilaku CERDIK ini, karena kami sendiri tidak bisa,” ujarnya.

Sementara itu, untuk peringatan HKN ke-58 yang bertema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku Dinas Kesehatan akan melaksanakan puncak acara pada Sabtu (12/10) di Lapangan Astaka Pancing. “Peringatan HKN dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dikomandoi oleh Menkes. Untuk itu melalui HKN ini, bantu kami, semua elemen masyarakat untuk mewujudkan kesehatan yang prima,” ujarnya.

Baca Juga:  Resmikan Gedung Baru RS Setia Budi, Bobby Nasution: Semoga Jadi Rumah Sakit Terbaik

Apalagi, lanjutnya, saat ini Indonesia termasuk Provinsi Sumut masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tercatat, hingga Rabu (9/10) kasus aktif mencapai 600 orang. Oleh karena itu, dia berharap, melalui HKN Covid-19 dapat diselesaikan.

“Dengan apa, kira harus jujur. Kalau batuk pilek cek aja, jangan malu. Kemudian jangan takut untuk vaksin dan kita perkuat prokes (protokol kesehatan). Terapkan perilaku hidup bersih dan sejat,” harapnya.

Pertemuan itu dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut Teguh Supriyadi, Kabid Kesehatan Masyarakat Hery Valona, Kabid SDM dan lainnya.(red)

Terkait


Berita Terbaru