Home / MEDAN TODAY / Dinas TPH Sumut Targetkan Bantuan Benih Cabai dan Bawang Selesai di Desember

Dinas TPH Sumut Targetkan Bantuan Benih Cabai dan Bawang Selesai di Desember


EDISIMEDAN.com, MEDAN – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan bantuan benih cabai merah dan bawang merah bisa selesai didistribusikan di minggu pertama bulan Desember.

Bantuan yang pendanaannya termuat di P-APBD Sumut 2022 ini disalurkan di 5 kabupaten untuk bawang merah dan 7 kabupaten untuk benih cabai merah.
“Sedangkan untuk bantuan benih yang anggarannya dari APD murni sudah kita salurkann seluruhnya,” ujar Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Lambok Turnip, Senin (14/11).

Dijelaskan Lambok, untuk benih bawang merah, kabupaten yang akan menerima yakni Tapanuli Selatan, Karo, Serdangbedagai, Simalungun dan Padangsidimpuan untuk lahan seluas 26 hektar.

Baca Juga:  Mobil Listrik PLN, Kendaraan Ramah Lingkungan Perlu Dikembangkan

Sementara untuk cabai merah, bantuan benih akan diberikan ke petani di Kabupaten Dairi, Karo, Batubara, Paluta, Pakpak Bharat, Deliserdang, dan Serdangbedagai.
“Untuk benih cabai merah yang kita siapkan itu untuk ditanam di lahan seluas 56 hektar,” katanya.

Selain itu kata Lambok, sesuai dengan arahan Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Lusyantini, bantuan benih akan disalurkan per triwulan, dengan target menjamin ketersediaan stok.
“Kami lagi rancang dan diharapkan bisa dilaksanakan di tahun 2023,” ucap Lambok yang sebelumnya menjabat Kepala UPT Benih Induk Hortikultura Kutagadung Berastagi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menambahkan, pihaknya menyiapkan program kawasan pertanian terpadu yang digagas Gubernur Edy Rahmayadi. Keseluruhannya akan ditanami cabai merah.

Baca Juga:  Cabai dan Bawang Merah Pemicu Inflasi di Sumut

“Ada 4 kabupaten yang sudah kami survei, yaitu Dairi, Madina, Paluta dan Pakpak Bharat,” tambahnya. Untuk kawasan pertanian terpadu ini, lanjut Adri, penganggarannya sudah ada di P-APBD 2022, yakni 5 hektar di Pakpak Bharat, dan 22 hektar di Dairi. “Nanti pencanangannya akan dilakukan Pak Gubernur yang direncanakan pada 22 November mendatang,” tandasnya.(red)

Terkait


Berita Terbaru