Home / KESEHATAN / Rajin Bayar Iuran, Junaedi pun Tenang Terlindungi JKN

Rajin Bayar Iuran, Junaedi pun Tenang Terlindungi JKN


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bukan hanya sekedar kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia, tetapi juga merupakan hak setiap orang. Pasalnya, jaminan kesehatan merupakan kebutuhan dasar hidup masyarakat. Prinsip ini yang diyakini dengan teguh oleh Junaedi Manik (34), seorang wiraswasta di Kota Medan.

Sebagai seorang wiraswasta, dirinya paham biaya pelayanan kesehatan saat ini semakin besar, sehingga memiliki jaminan kesehatan merupakan solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Junaedi menyebutkan, selama ini iuran JKN yang dibayarkan masih terjangkau, apalagi dengan melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan.

Baca Juga:  PDUI Sumut Gelar Pelatihan GELS, Rudi Sambas: Dokter Umum Harus Tangguh di IGD,Klinik,Puskesmas, Dan Rumah Sakit Dimana pun

Karenanya, ia sangat merekomendasikan agar masyarakat tidak ragu-ragu menjadi peserta Program JKN.

“Dari awal saya mendaftar bukan karena saya atau keluarga terkena penyakit. Saya sadar jaminan kesehatan itu sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi diri sendiri serta untuk berjaga-jaga jika terserang penyakit secara tiba-tiba. Program JKN ini merupakan jaminan kesehatan yang sangat banyak manfaatnya, sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tutur Junaedi pada Rabu (23/11).

Saat ditemui oleh tim Jamkesnews di tengah kesibukannya, ia mengungkapkan lebih baik berjaga-jaga apabila tiba-tiba jatuh sakit daripada kesusahan ketika penyakit datang menghampiri. Banyak contoh disekitarnya yang terlihat mengalami kesulitan setelah harus berobat secara mandiri. Terutama kesulitan finansial karena harus membayar pengobatan dengan dana pribadi dan tidak pernah mempersiapkan diri dengan asuransi maupun jaminan kesehatan.

Baca Juga:  Tersisa 369.871 Warga Medan Belum Tercover BPJS, Bobby Nasution Tambah Kuota Kepesertaan BPJS Sebanyak 100 Ribu

Aktifnya Junaedi sebagai peserta JKN membuatnya yakin ia tidak perlu khawatir mengenai biaya pelayanan kesehatan yang kelak akan dibutuhkan apabila ia terserang penyakit. Ia dan keluarganya tidak lagi khawatir dengan biaya berbat karena semuanya dijamin oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN.

“Untuk pengalaman, saya sendiri bersyukur belum pernah menggunakan kartu JKN ini untuk berobat. Tapi saya sudah lihat banyak contoh dari keluarga dan orang terdekat yang sangat terbantu dengan adanya Program JKN ini ketika berobat. Makanya saya mantap untuk terus membayar iuran sebagai jaminan rasa aman jika suatu saat penyakit menyerang,” tutur Junaedi. (red)

Terkait


Berita Terbaru