Home / PENDIDIKAN / Unpab Wisuda 1.122 Lulusan, Rektor: Arah PT Menuju Persaingan Global

Unpab Wisuda 1.122 Lulusan, Rektor: Arah PT Menuju Persaingan Global


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan
Mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

Melalui Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 semester atau setara dengan 20 SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 m SKS menempuh pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. Unpab berkomitmen menyediakan dan memfasilitasi semua Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar sebagaimana yang diamanatkan Permendikbud RI No. 3 Tahun 2020.

Baca Juga:  Forum Peduli USU minta tuntaskan dugaan plagiarisme 

Ada 9 Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang dikembangkan di Unpab yaitu:

  1. Pertukaran Mahasiswa Nasional dan Internasional,
  2. Praktik Kerja Lapangan (Magang),
  3. Asistensi Mengajar/Kampus Mengajar,
  4. Penelitian/Riset Kolaborasi,
  5. Proyek Kemanusiaan,
  6. Kegiatan Wirausaha,
  7. Studi/Proyek Independen, dan
  8. KKN Terapan atau Proyek Membangun Desa.
  9. Bela Negara.

Hal ini langsung diimplementasikan oleh Unpab dengan cara mengikuti kegiatan MBKM Lintas L2DIKTI Wilayah 1 dan L2DIKTI Wilayah 10 (Sumatera Utara – Kepri) selama 4 hari terhitung mulai tanggal 12 s/d 15 Oktober 2022, yang dihadiri oleh 13 PTS L2DIKTI Wilayah 1 dan 11 PTS L2DIKTI Wilayah 10, serta langsung dituangkan dalam bentuk MoU dan MoA.

Baca Juga:  20.355 Peserta UTBK-SBMPTN 2002 di Unimed

Universitas Pembangunan Panca Budi penuh semangat untuk mewujudkan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, dengan tagline ‘Membangunan Desa, Membangunan Indonesia’ Unpab telah menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam rangka membangun desa yaitu:

  1. Melakukan MoU dengan desa-desa yang ada di Sumatera Utara untuk melakukan kegiatan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.
  2. Melaksanakan program KKNT dan Kampus Mengajar ke desa-desa.

“Cukup banyak hal-hal yang dapat kita lakukan dan kita kembangkan di desa kita. Harapannya wisudawan/ti yang saat ini di wisuda dapat mengimplementasikan ilmunya yang didapat untuk mengembangkan desa dan memberikan inovasi terobosan guna menyelesaikan masalah-masalah yang saat ini dialami oleh masyarakat desa, sehingga kita ikut serta andil dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional,” harap rektor.

Baca Juga:  Menag RI : Kedepan PTKIN Harus Jadi Destinasi Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Ia juga berharap, bergerak dari visi Unpab, setelah melepaskan para wisudawan/ti ke dalam persaingan kesempatan untuk hidup maka kalian juga harus mampu berperan sebagai ‘Change Agent’. (red)

Terkait


Berita Terbaru