Home / KESEHATANMEDAN TODAY / PAFI Sumut Gelar Bakti PAFI Untuk Negeri

PAFI Sumut Gelar Bakti PAFI Untuk Negeri


EDISIMEDAN.com, MEDAN -Menyusul pelantikan pengurus Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) oleh Menteri Kesehatan pada September lalu, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan sosialisasi terkait keberadaan Konsil Kefarmasian di Medan, Sabtu (3/12).

Ketua Divisi Registrasi Konsil Kefarmasian Indonesia apt. Maryani S.Farm MKM menyatakan, sebab dengan terbentuknya Konsil tersebut maka diwajibkan untuk mensosialisasikannya kepada tenaga farmasi baik apoteker terutana tenaga teknis kefarmasian salah satunya terkait surat tanda registrasi elektronik.

“Sehingga setelah terbentuknya Konsil Tenaga Kefarmasian, ke depannya untuk STR tenaga teknis kefarmasian pun akan dialihkan dari Dinas Kesehatan Provinsi ke Konsil Tenaga Kefarmasian,” ungkapnya kepada wartawan.

Baca Juga:  Bantuan Pangan Non Tunai Akan Segara Di Salurkan Pemko Medan

Maryani menjelaskan, pengambilalihan ini memang ketentuan dari undang-undang. Karenanya dia berharap, ketika sudah terintegrasi di satu Konsil untuk tenaga teknis kefarmasian pengurusannya akan lebih mudah.

“Dengan demikian kesulitan-kesulitan yang sering terjadi karena STR nya berbeda-beda dari dinas kesehatan tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang berkoordinasi dengan organisasi profesi dan Dinas Kesehatan untuk membuat suatu sistem. Jika sistem tersebut sudah diuji coba dan tak ada kendala, imbuhnya,maka sistem tersebut akan segera diimplementasikan.

“Targetnya mudah-mudahan di akhir Februari atau di awal Maret 2023. Sosialisasi hari ini kepada organisasi profesi, ketua pengurus daerah maupun pengurus-pengurus cabangnya termasuk juga anggota PTK yang ada di Sumatera Utara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Bobby Nasution Optimis Jadikan Sungai Sebagai Halaman Depan

Sementara itu, Ketua PD PAFI Sumut Dr Muhammad Taufik S.Si M.Si menambahkan, acara ini merupakan kegiatan rutin mereka yang dikemas melalui bakti PAFI untuk Negeri berkolaborasi dengan beberapa organisasi profesi kesehatan di Sumut yaitu PPNI, PDUI, PDGI, EROPIN dan IAI. Bakti sosial yang dilakukan mulai dari pengobatan mata gratis, pemberian multivitamin dan resep gratis di sekretariat PD PAFI di SUMUT dan 28 Pengurus Cabang Sumut.

Selain itu juga tambah dia, pihaknya juga memberikan paket sembako kepada masyarakat. Karena, sambung dia, acara ini bertujuan untuk membantu masyarakat, tenaga teknis kefarmasian dan asisten tenaga farmasi anggota PAFI yang memiliki gaji dibawah UMR.

Baca Juga:  Rais Am PBNU KH Miftahul Akhyar: Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Luar Biasa

“Dalam hal ini PD PAFI dan 28 Pengurus Cabang juga menyambut gembira tentang sosialisasi Konsil Kefarmasian yang telah disampaikan,” tandasnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru