Home / MEDAN TODAY / Pantau Stabilitas Harga Bapok, Wali Kota Instruksikan Satgas Ketahanan Pangan Monitoring di Pasar

Pantau Stabilitas Harga Bapok, Wali Kota Instruksikan Satgas Ketahanan Pangan Monitoring di Pasar


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Untuk memantau ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan pokok (Bapok) di Kota Medan pada Hari Besar Keagamaam Nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui Satgas Ketahanan Pangan Kota Medan melakukan pemantauan dan monitoring di dua pasar tradisional di Medan, Kamis (15/12/2022).

Pemantauan dan monitoring dilakukan di Pasar Petisah II dan Pasar Sei Sikambing. Tampak pada peninjauan ini Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Bukhari dan Pimpinan Perum Bulog Cabang Medan R Darma Wijaya.

Untuk diketahui, Satgas Ketahanan Pangan terdiri dari unsur Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Kodim 0201/Medan, Perum Bulog Cabang Medan, KPPU Medan, PUD Pasar Medan, PUD RPH Medan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perhubungan, dan Bappeda Medan.

Baca Juga:  Polisi Buru Pemilik Innova BK 1253 HG

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menjelaskan dari pemantauan dan monitoring di Pasar Petisah, diketahui harga bapok masih stabil. Adapun daftar harga bapok di Pasar Petisah terdiri dari beras medium Rp49.750/5 kg, minyak goreng curah Rp13.500/kg, bawang merah Rp30 ribu/kg, bawang putih Rp24 ribu/kg, daging sapi Rp130 ribu/kg, daging ayam ras Rp32 ribu, telur ayam Rp1.800/butir, cabe merah Rp42 ribu/kg, cabe rawit Rp40 ribu/kg, dan cabe hijau Rp26 ribu/kg.

Lanjut dikatakan Suwarno, untuk harga di Pasar Sei Sikambing terdiri dari beras KKB Rp14 ribu/kg, beras IR 64 Rp12 ribu/kg, gula Rp13 ribu/kg, minyak goreng Rp13 ribu/kg, daging sapi Rp130 ribu/kg, daging ayam Rp32 ribu/kg, daging ayam kampung Rp75 ribu/kg, telur ayam Rp1.500/butir, dan telur ayam kampung Rp2.000/butir.

Baca Juga:  Agar Pasar Bersih dan Nyaman, Dirut PUD Pasar Ingatkan Jajaran Konsisten dalam Kedisiplinan

Selanjutnya cabe merah Rp44 ribu/kg, cabe rawit Rp60 ribu/kg, cabe hijau Rp30 ribu/kg, bawang packing Rp12 ribu/kg, bawang merah Rp28 ribu/kg, bawang putih Rp20 ribu/kg, kacang tanah Rp27 ribu/kg, kacang hijau Rp22 ribu/kg, teri pato Rp140 ribu/kg, dan tomat Rp10 ribu/kg.

Masih dikatakan Suwarno, sebagai upaya menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, dan kelancaran distribusi bapok, PUD Pasar Medan saat ini telah menjual beras medium dan minyak goreng. Harga beras dijual Rp49.750/5 kg, dan minyak goreng Rp13.500/liter.

“Penjualan komoditi bapok tersebut kolaborasi PUD Pasar dengan PT Pillar Grup. Kedepannya, direncanakan kami akan menggelar pasar murah untuk menjaga stabilitas harga dan pengendalian inflasi,” ungkap Suwarno. (red)

Terkait


Berita Terbaru