Home / NEWS / Pasar Murah PUD Pasar Medan Diharapkan Bantu Ringankan Masyarakat

Pasar Murah PUD Pasar Medan Diharapkan Bantu Ringankan Masyarakat


EDISIMEDAN.com, MEDAN – Pasar Murah yang diadakan oleh PUD Pasar Medan diharap dapat berperan meringankan ekonomi masyarakat. Tak hanya itu, pengawasan terhadap penyelenggaraan pasar murah harus dilakukan agar kegiatan ini tepat sasaran.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Ekbang Mansursyah saat membuka pasar murah yang diadakan PUD Pasar Medan berkolaborasi dengan PT Pilar Group Indonesia di Basemen Pasar Petisah Medan, Senin (26/12/2022). Hadir pada pembukaan ini Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Pimpinan Perum Bulog Cabang Medan Dharma, Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis, Dirut PT Pilar Grup Indonesia Ivansyah, para pimpinan OPD Pemko Medan, Dirops PUD Pasar Medan Ismail Pardede, Dirbang/SDM PUD Pasar Medan Imam Abdul Hadi, Camat Medan Petisah Budi Lubis, Danramil 0201-01/Medan Petisah, Kapolsek Medan Baru, para pimpinan perbankan, Ketua BKM Mushola Al Barokah, dan Ketua DPP P4B Mester Harahap.

Disebutkan Bobby, pandemi covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga tak mampu memenuhi kebutuhan harian. Pasar murah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meringankan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan. Bobby meminta PUD Pasar membantu dan mengawasi barang agar lebih murah dibanding di pasaran. “Pastikan seluruh produk tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga tidak terjadi kekurangan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sinyal dari Dewan Pengawas, Pasar Marelan Bakal Direnovasi

Bobby juga menegaskan agar kegiatan ini tepat sasaran. Jangan sampai ada penyelewengan akibat diborong oleh orang-orang yang ingin mengambil keuntungan.

Tak hanya itu, Bobby juga mengapresiasi langkah PT Pilar Grup Indonesia yang berkolaborasi dengan PUD Pasar Medan dalam menyediakan kebutuhan pangan pokok. “Semoga ini dapat diikuti banyak pihak. Karena dengan kolaborasi tujuan pembangunan bisa dicapai lebih cepat,” pungkas Bobby.

Sementara itu, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno dalam paparannya menyampaian pasar murah diselenggarakan dari tanggal 26 s.d 27 Desember di Pasar Petisah, Pasar Marelan, dan Pasar Sukaramai.

Pelaksanaan pasar murah ini sebagai langkah menindaklanjuti arahan Wali Kota Medan Bapak Bobby Nasution dalam penerapan menjaga stabilitas harga dengan mewujudkan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, dan kelancaran distribusi, terlebih Hari Besar Keagamaan Nasional yakni Natal 2022 dan menyongsong Tahun Baru 2023.

Baca Juga:  Hadiri FGD Sistem Pangan Berkelanjutan, Dirut PUD Pasar: Kami Siap Berkolaborasi untuk Ciptakan Ketahanan Pangan

Kolaborasi PUD Pasar dengan PT Pillar Grup Indonesia ditandai pula dengan penyerahan tiga unit mobil jenis bak terbuka atau pick up dari PT Pilar Indonesia. Ketiga kendaraan roda empat ini nantinya akan ditempatkan di wilayah Cabang I, Cabang II, dan Cabang III jajaran PUD Pasar Medan.

“Penyerahan mobil bak terbuka ini untuk mendukung operasional kelancaran distribusi komoditas bahan pangan pokok di Kota Medan,” bilang Suwarno.

Lanjut dikatakan Suwarno, adapun komoditas yang disediakan selama penyelenggaraan pasar murah meliputi beras 50 ton, minyak goreng Rp15 ribu perliter, telur 72.000 butir, dan gula 20 ton. “Sekadar kami laporkan kepada Bapak Wali Kota, kolaborasi PUD Pasar dengan PT Pilar Indonesia dalam menjual komoditas pangan pokok sudah berjalan mulai November 2022. Dalam kurun waktu satu bulan itu, beras yang telah dipasarkan ke masyarakat melalui pasar-pasar kita berjumlah lebih kurang 71 ton. Penjualan bahan pangan pokok tersebut tetap dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” tandas Suwarno.

Katanya, setiap pembeli hanya bisa membeli 1 orang 2 goni beras, minyak 2 kilo, telur 1 papan dan produk lainnya juga begitu. ” kita batasi agar semua masyarakat sama sama merasakan hasil dari pasar murah ini,” kata suwarno.

Baca Juga:  Kopertis: UNPRI PTS Baik dan Sehat

Namun disamping itu pihaknya mengatakan sudah menyiapkan beras 200 ton untuk akhir tahun ini dan stok pangan katanya cukup terbantu untuk masyarakat.

“Kita akan awasi ditingkat pedagang, kalau ada pedagang yang menjual lebih dari 49750 maka nanti kita tidak akan berikan lagi jika ia meminta barang ke kita,” tegasnya.

Ivansyah, SH MH LLM, Direktur PT Pilar Group Indonesia mengatakan untuk menjaga stabilitas harga harus dari PUD Pasar itu sendiri, PD Pasar inikan membawahi 53 pasar seluruh kota Medan. Dalam hal ini pelaksanaan stabilitas harga itu harus diawasi oleh yang tepat dan akhirnya pihaknya mengaku menggandeng PUD Pasar Kota Medan karena supaya bisa langsung menyentuh masyarakat. PUD Pqsar kota Medan juga sebutnya mitra strategis karena mempunyai 800 pegawai sehingga pengawasannya bisa dilaksanakan secara serentak dan efisien.(red)

Terkait


Berita Terbaru