Home / BISNIS / JNE Medan Peduli UMKM Adakan Sekolah Bisnis dan Terbitkan Buku

JNE Medan Peduli UMKM Adakan Sekolah Bisnis dan Terbitkan Buku


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Sekolah bisnis UMKM merupakan wujud kepedulian JNE dalam membantu UMKM untuk naik kelas. Di tahun 2022 ini Sekolah bisnis ini dilaksanakan dalam 4 batch sejak dilaunchingnya Plaza Pesona Nusantara, yaitu mulai bulan Agustus hingga Desember 2022 bersama beberapa komunitas seperti Ikatan Pengusaha Muslimah (IPEMI) Sumut, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumut, Koperasi UMKM Syariah Sumut, Forum Akademisi dan Praktisi Desa, dan Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) Sumut.

Fikri Alhaq Fachryana selaku Kepala Cabang Utama Medan menyampaikan bahwa sekolah bisnis JNE dilatarbelakangi karena banyaknya komunitas UMKM di Sumatera Utara khususnya Kota Medan yang aktif dan membutuhkan materi-materi yang mampu membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya. Program ini sejalan dengan launching Plaza UMKM Pesona Nusantara bahwa Plaza UMKM tersebut tidak hanya menyediakan wadah UMKM berjualan, namun juga memberikan pelatihan. “JNE Medan telah meresmikan Plaza UMKM Pesona Nusantara pada 29 Juli 2022 lalu. Menurut Silvi, Kepala Plaza Pesona Nusantara JNE, Sekolah bisnis ini adalah pelatihan eksklusif dan komprehensif, satu batch hanya diikuti maksimal 20 UMKM terpilih, dan Insya Allah program ini akan berlanjut di 2023”

Baca Juga:  Tiket KA Lebaran di Sumut Sudah Dapat Dipesan, Berikut Jadwalnya

Sekolah Bisnis JNE berlangsung di Coworking Space JNE yang berada di lantai 2 gedung sales counter cabang utama Medan, Jalan Brigjend Katamso No. 523 E kel. Sei Mati Kec. Medan Maimun Kota Medan. Pertemuan berlangsung 4 kali dalam 1 batch. Materi sekolah bisnis sangat komprehensif terdiri atas Membangun Strategy, System, Human Capital, Corporate Culture hingga Leadership (SSHCL). Selain itu juga diberikan materi bonus berupa laporan keuangan dan digital marketing.

JNE Medan telah menyediakan Plaza UMKM Pesona Nusantara yang merupakan program terintegrasi JNE dalam rangka Corporate Social Responsibility, yang terdiri atas : ruangan display dan penjualan offline untuk produk unggulan Kota Medan, coworking space, ruangan studio foto produk UMKM dan podcast, media pemasaran online berupa platform www.pesonanusantara.co.id, dan seluruh program ini gratis untuk UMKM Kota Medan.

Baca Juga:  JNE Raih Penghargaan PR Person Awards 2023

Sebagai penguatan manfaat agar dapat dirasakan oleh semua UMKM di Sumatera Utara dan seluruh Indonesia, pada 26 November 2022 lalu, sekaligus memperingati ulang tahun JNE ke 32 Tahun, JNE Medan Management Consulting juga menerbitkan buku “Model SSHCL – Untuk Membangun Bisnis yang Autopilot dan Suistainable (Versi UMKM)”. Buku ini merupakan hasil karya komunitas JNE Medan Managemen Consulting, para Trainer JNE di Sekolah Bisnis. Buku ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak, dibuktikannya dengan memberikan kata pengantar yaitu Mohammad Feriadi selaku Presiden Direktur JNE, Alex Denni selaku Presiden Asosiasi Manajemen Indonesia, Haris Marseno selaku Dewan Komisaris JNE serta Ketua-Ketua organisasi UMKM seperti IPEMI, IWAPI, KOPITU, TDA dan FKP Sumut

Baca Juga:  Jelang Pertambahan Usia, JNE Tingkatkan Infrastuktur dan Pelayanan dengan Resmikan Kantor JNE Cabang Karo

“Kami berharap untuk dapat terus memberikan edukasi dan infomasi kepada UMKM tidak hanya bagi UMKM di Sumatera Utara, namun di Indonesia. Semoga materi-materi dalam buku ini dapat menjadi solusi bagi keterbatasan gerak dan langkah kami dalam berkontribusi memajukan bisnis UMKM di Indonesia dan dapat membantu UMKM dalam mengelola usahanya”, tutup Fikri.(red)

Terkait


Berita Terbaru