Home / MEDAN TODAY / PUD Pasar Medan dan DLH Perkuat Kolaborasi untuk Tata Kelola Pengolahan Sampah

PUD Pasar Medan dan DLH Perkuat Kolaborasi untuk Tata Kelola Pengolahan Sampah


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Untuk mendukung kebersihan yang merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution, PUD Pasar dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal memperkuat kolaborasi dalam tata kelola pengolahan sampah.

Hal ini terungkap usai rapat antara PUD Pasar Medan dengan DLH di ruang rapat Kantor PUD Pasar Medan, Jalan Razak Baru, Medan Petisah, Rabu (1/2/2023). Rapat diikuti oleh para kepala cabang, para kepala bagian, dan para kepala pasar jajaran PUD Pasar Medan.

Rapat ini dipimpin oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suryadi Panjaitan. Rapat ini diikuti pula dari jajaran direksi PUD Pasar Medan antara lain Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi. Sementara dari jajaran DLH rapat diikuti oleh Sekretaris Siti Saidah Nasution, Kabid Penataan M Mendrofa, Kabid PLS B3 Baharudin Harahap, dan Kabid Tata Lingkungan Heni Rustati.

Baca Juga:  2.495 Personil Polri Amankan Peringatan Hari Buruh di Sumut

Dikesempatan tersebut, Kadis Lingkungan Hidup Suryadi Panjaitan memaparkan kedatangan dirinya dan tim untuk menjalin silaturahmi sekaligus mencari solusi mengenai pengelolaan sampah. Suryadi meminta agar kedepan sampah-sampah di pasar terlebih dulu dipilah jenisnya yakni organik dan non-organik. Setelah dipilah, kemudian dilakukan pendataan. Dengan begitu, akan lebih memudahkan dalam pengolahan sampah.

“Supaya kita berkolaborasi agar dilakukan penataan menyangkut pengelolaan sampah di pasar,” bilang Suryadi.

Ditambahkan Suryadi, untuk mendukung penataan pengelolaan sampah tersebut, DLH siap mendukung sarana dan prasarana ya g dibutuhkan. Misalnya tong sampah hingga akan merenovasi ataupun membangun tempat pembuangan sampah (TPS) di pasar.

Baca Juga:  Pasar Murah Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2022 Digelar, Pemko Medan Pastikan Kualitas Barang Baik dan Tepat Sasaran

Dengan tata kelola pengolahan yang baik, sambung Suryadi, maka akan menambah peluang pendapatan dari sampah. Suryadi juga mengajak para kepala pasar untuk menginformasikan wilayah mana saja yang tidak maksimal dalam menjalin kolaborasi.

“Nantinya di Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari 2023, kami akan mengumumkan pasar mana terbaik dalam pengelolaan sampah,” ujar Suryadi.

Sementara itu, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno mengapresiasi kedatangan Kadis Lingkungan Hidup ke PUD Pasar. Terlebih dalam meningkatkan kolaborasi pengolahan sampah.

Suwarno menjelaskan sampah-sampah di pasar terkadang tak sepenuhnya dari pedagang. Sebab, ada pula oknum masyarakat yang membuang sampah di sekitar lingkungan pasar.

Baca Juga:  Menhan Prabowo Subianto Sebut Darah Leadership Ada Pada Bobby Nasution

Oleh karena itu, PUD Pasar berharap dukungan dari DLH agar persoalan tersebut dapat sama-sama diatasi.
Dari diskusi ini, Suwarno menambahkan pihaknya akan melakukan pemilahan dan pendataan sampah organik dan non-organik.

“Tentunya kami siap berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup menyangkut penataan pengelolaan sampah. Karena seperti diketahui, kebersihan merupakan salah satu program dari Pak Wali. Kami juga berharap agar didukung perihal sarana dan prasarana mengenai pengelolaan sampah,” pungkas Suwarno. (red)

Terkait


Berita Terbaru