Home / KESEHATAN / RSUD dr. Pirngadi Medan Beri Penyuluhan Konjungtivitas kepada Keluarga Pasien

RSUD dr. Pirngadi Medan Beri Penyuluhan Konjungtivitas kepada Keluarga Pasien


EDISIMEDAN.com, MEDAN -Kegiatan Instalasi Promosi Kesehatan RSUD Dr. Pirngadi bersama SMF Mata memberikan penyuluhan tentang konjungtivitas kepada pengunjung di Poliklinik Mata, Rabu (22/2/2023).

Konjungtivitis merupakan peradangan pada konjungtiva mata/selaput bening mata bagian depan. “Konjungtivitis dapat disebabkan oleh adanya proses infeksi, iritasi fisik, atau respon alergi,” kata salah satu dokter spesialis mata Dr. Zaldi, Sp.M.

Disebutkannya, gejala yang tampak pada penderita dapat berupa mata merah, kelopak mata bengkak, gatal, mata berair dan adanya belekan.

“Pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah kompres air hangat lebih kurang 20 menit, tidak menggosok mata yang sakit, bersihkan kotoran di mata dengan air hangat, bersihkan mata dengan air mengalir yang bersih secara perlahan dengan membuka kelopak mata, jangan sekali-kali memberi obat tetes mata yang jual bebas,” pesannya.

Baca Juga:  Perlu Team Work Dan Perubahan Etos Kerja Wujudkan Wisata Kesehatan

Dia juga meminta masyarakat untuk segera ke dokter bila mata merah dan infeksinya tidak mengalami perbaikan dalam waktu 3 hari dan bila kondisi mata memburuk. “Segera ke dokter jika dalam waktu 3 hari tidak ada perbaikan,” katanya.(red)

Terkait


Berita Terbaru