Home / MEDAN TODAY / Revitalisasi Taman Cadika Buktikan Pemko Medan Optimalkan Pemanfaatan Aset untuk Masyarakat  

Revitalisasi Taman Cadika Buktikan Pemko Medan Optimalkan Pemanfaatan Aset untuk Masyarakat  


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Pemko Medan terus menata dan merevitalisasi ruang-ruang terbuka publik. Salah satunya adalah Taman Cadika yang berlokasi di Jalan Karya Wisata Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor. Dengan revitalisasi, fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan ruang publik dengan berbagai sarana olahraga dan rekreasi dari aset Pemko Medan ini kian optimal.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan, Arrahmaan Pane, Jumat (24/2) di ruang kerjanya.  “Sama kita tahu, Wali Kota Medan Bobby Nasution sangat concern pada keberadaan RTH dan ruang terbuka publik. Dan, sebagai salah satu aset Pemko Medan berdasar Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Nomor 1/Pangkalan Mansyur tertanggal 31 Mei 1994, Taman Cadika ini direvitalisasi guna memaksimalkan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau sekaligus ruang publik,” ungkapnya.

Revitalisasi ini, lanjut Arrahmaan, juga sebagai bentuk komitmen Pemko Medan dalam merawat dan memaksimalkan pemanfaatan aset untuk kepentingan masyarakat. “Ruang terbuka publik dengan berbagai sarana olahraga juga dapat dapat menjadi wahana rekreasi, relaksasi, dan edukatif bagi warga Medan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dukung Program Pemerintah, PUD Pasar Medan Kolaborasi dengan Kodim 0201/Medan Gelar Vaksinasi di Pasar Peringgan

Selain itu, ruang terbuka publik ini akan menjadi semacam ruang pertemuan bagi warga dari berbagai latar belakang. Di ruang ini, warga berkomunikasi dan berinteraksi dengan nyaman.

“Rasa kebersamaan dan rasa memiliki Medan pun bisa tumbuh dalam ruang terbuka publik yang ramah bagi setiap kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Medan, Pulungan Harahap menyebutkan, Taman Cadika yang merupakan aset Pemko Medan ini merupakan salah satu RTH dan ruang publik. Tahun ini, tegasnya, Taman yang dikelola Dinas Pemuda dan Olahraga tersebut akan direvitalisasi.

“Dinas Pemuda dan Olahraga juga mempunyai masterplan revitalisasi Taman Cadika. Selanjutnya, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya Tata Ruang Kota akan membuat Detail Engineering Design Revitalisasi Taman Cadika ini,” sebutnya.

Baca Juga:  Kapolda Sumut yang Baru Resmi Dijabat Eko Hadi Sutedjo

Pulungan mengatakan, selama ini Taman Cadika juga telah menjadi salah satu lokasi rekreasi yang diminati masyarakat. “Bukan hanya dari Medan, warga luar kota juga banyak berkunjung ke Taman Cadika. Taman ini telah salah satu tempat rekreasi menarik minat pengunjung,” ungkapnya.

Pulungan mengatakan, saat ini Taman Cadika telah memiliki berbagai sarana olahraga. Ini juga merupakan salah satu daya tarik Taman Cadika yang kian menarik minat warga berkunjung ke sana.

Sarana olahraga yang ada di Taman Cadika ini, sebutnya, antara lain lapangan sepak bola, arena BMX, skateboard, arena sepatu roda, olahraga berkuda, lapangan basket, lapangan panah, jogging track, serta olahraga air. Di samping itu, tambah Pulungan, Taman Cadika juga mempunyai lahan perkemahan pemuda dan pramuka.

Baca Juga:  Dukung Insan Musik, Bobby Nasution Siapkan Lapangan Merdeka & Warenhuis Wadah Berkreasi

“Dalam memanfaatkan dan memberdayakan aset untuk kepentingan masyarakat, Pemko Medan akan semakin memaksimalkan fungsi Taman Cadika sebagai ruang terbuka hijau, ruang publik, sarana olahraga, rekreasi, serta edukasi bagi masyarakat,” tandasnya.(red)

Terkait


Berita Terbaru