Home / BINJAI / DELI SERDANG / LANGKAT / NEWS / SELEBGRAM / SUMUT / Melirik Usaha 22 Kandang Ayam Petelur Milik Jonatan Tarigan

Melirik Usaha 22 Kandang Ayam Petelur Milik Jonatan Tarigan


EDISIMEDAN.COM, Binjai –  Awalnya aku berpikir jumlah kandang ayam milik dari pengusaha muda Jonatan Tarigan hanya berkisar 4 atau 5 kandang saja, ternyata begitu kami masuk kelokasi usahanya kami dapati ada 22 jumlah kandang ayamnya.

Dalam hati ku pikir sudah macam pabrik pulak ini kandang ayam. Dari 22 kandang itu terlihat puluhan ribu ayam petelur berjejer rapi . Kupastikan capek kalo di hitung satu persatu.

Naluri wartawan ku langsung respek dan langsung mengajak Apin , pekerja kandang untuk mengobrol dan tanya- tanya seputar usaha ayam petelur dari anak muda yang sekarang sebagai bacaleg PDI-P untuk DPRD Sumut tahun 2024 melalui daerah pemilihan Binjai – Langkat.

Sementara kawan- kawan yang lain Bayu, Hendra dan Rendy mengobrol dengan pengusaha sekaligus pemilik kandang Jonatan Tarigan di kandang paling ujung .

Menurut Apin , dari 22 kandang yang ada jumlah ayam petelurnya ada sekitar 45.000 ekor. Lalu bagaimana cara dan merawat dan kos untuk beli makan ayam sebanyak itu ?

Baca Juga:  UPT BIH Medan Johor Targetkan 40 Ribu Bibit Tanaman Buah

Dalam sehari para pekerja harus memberi makan dua kali . ” Satu hari dua kali bang kita kasih makan ,”jelas Apin.

Wow….berapa goni pulak harus di habiskan satu hari untuk ayam sebanyak 45.000 ekor ?

Besar juga biaya untuk makan ayam sebanyak 22 kandang milik dari Jonatan Tarigan ini pikirku dalam hati.

Lanjut lagi , bang Apin satu hari berapa telur paling sedikit di hasilkan tanyaku padanya  ?

Menurut Apin, sehari mereka bisa menghasilkan 73 ikat telur ayam . Berapa pulak jumlah telur dalam satu ikat tanyaku cepat pada Apin.

Di terangkan Apin satu ikat berisi 300 butir telur ayam . Berarti 300 bukti telur x 73 itulah jumlah telur perhari .

Baca Juga:  Kabar Gembira untuk Masyarakat Sumut, Tahun Ini, Gubernur Edy Rahmayadi Tidak Naikkan Tarif Air Minum

Coba kita tanya lebih terperinci, bang Apin berapa harga sebutir telur sekarang ?

” Sekarang harga telur berkisar Rp 1300 perbutir  ,”kata Apin . Sayangnya saya lupa menanyakan apakah harga sama untuk telur ukuran lebih kecil ?

Belum berhenti ku tanya aja langsung hal-hal apa saja kesulitan merawat ayam petelur . Menurut Apin yang sudah dua tahun bergelut merawat ayam petelur ia tidak banyak kesulitan merawat ayam di kandang, termasuk masalah faktor cuaca.

Terpisah pengusaha muda Jonatan Tarigan secara khusus mengajak aku untuk melihat kandang kusus anak ayamnya .

” Ini bang …ayam usia 2 bulan saya rawat dulu disini , nanti kalo 2 bulan baru di pindah ke kandang sebelah sebelum nanti ke kandang kusus untuk ayam  bertelur,” terang Jonatan Tarigan  anak muda yang masih berusia 24 tahun dan sudah bergelar  sarjana hukum dari Universitas Panca Budi Medan .

Baca Juga:  Perjuangan Panjang Dimulai, Berkas Pendaftaran Paslon Lisa – Sapta Diterima KPU Binjai

He ..he satu sekolah kami , saya sendiri tamatan SMA Panca Budi Medan.

Kita lanjut lagi , Jon, ini dulu awalnya berapa kandang tanyaku?

” Kandang ini sudah dua tahun ku kelola bang dan awalnya hanya berjumlah sekitar 8000 ekor ayam dengan 4 kandang  ,”beber Jonatan Tarigan ,SH.

Dalam pengembangan usahanya Jonatan Tarigan punya tehnik kusus dalam pembiayaan harian kandangnya sehingga bisa berkembang cepat dalam tempo 2 tahun .

Ada lagi, meski tergolong baru Jona juga mendidik pekerjanya untuk jujur dan rajin bekerja . ” Sempat juga sejumlah pekerja di ganti , dan disini di kandang saya pasang cctv ,”ungkap  Jonatan Tarigan. ( OP )

 

 

 

 

 

 

 

 

Terkait


Berita Terbaru