Home / BISNIS / XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Jaringan XL Axiata di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya sudah menjangkau lebih dari 20.100 desa/kelurahan, 1.700 kecamatan, dan 150 kota/kabupaten. Lebih dari 93% pelanggan XL Axiata adalah pelanggan data. Pertumbuhan trafik data dalam dua tahun terakhir di seluruh Sumatera meningkat hingga 84%.

Batam, 30 Maret 2023. Layanan data PT XL Axiata tbk (XL Axiata) di Sumatera terus mengalami pertumbuhan. Saat ini, jumlah pelanggan di wilayah Sumatera mencapai lebih dari 21% dari total pelanggan XL Axiata. Dari jumlah tersebut, lebih dari 93% di antaranya merupakan pelanggan data dengan pertumbuhan trafik data dalam 2 tahun terakhir di seluruh Sumatera meningkat hingga 84%. Menyikapi pertumbuhan tersebut, XL Axiata terus perkuat jaringan data di hampir seluruh wilayah Sumatera, hingga ke area-area yang termasuk remote area, terutama jaringan 4G. Total jaringan 4G XL Axiata di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya sudah menjangkau lebih dari 20.100 desa/kelurahan, 1.700 kecamatan, dan 150 kota/kabupaten.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan,“Peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera terhadap layanan data XL Axiata sangat tinggi dan terus meningkat. Ini terjadi hampir merata di semua provinsi. Secara umum tingkat literasi digital juga terus meningkat, yang selanjutnya disusul pemahaman yang bertambah, atas manfaat positif dari layanan data dan internet cepat. Apalagi, XL Axiata tidak henti menawarkan manfaat lebih bagi pelanggan. Oleh karena itu, dalam dua tahun terakhir, XL Axiata konsisten memperkuat jaringan data ke semua provinsi, termasuk ekspansi ke area baru, serta meningkatkan kualitas jaringan dengan fiberisasi serta penerapan teknologi baru.”

Desy menambahkan, total BTS seluruh Sumatera ada lebih dari 33.800 BTS, termasuk lebih dari 21.400 BTS 4G. Saat ini, lebih dari 63% di seluruh Sumatera sudah terfiberisasi. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya. Dalam 2 tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata lebih dari 9.000 BTS tersebar di seluruh area Sumatera, dengan jumlah penambahan terbanyak di Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Lampung Selatan, yang disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut.

Baca Juga:  Kabut Asap di Sumsel dan Jambi XL Axiata Kirim Paket Bantuan untuk Warga

Beberapa provinsi di Sumatera dengan peningkatan trafik penggunaan layanan data tertinggi adalah Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Riau.

Khusus Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), XL Axiata telah menjangkau lebih dari 90% wilayah, yang mencakup lebih dari 235 desa dan 53 kecamatan di 7 kota/kabupaten. Hingga dua tahun terakhir, di Kepri, trafik data XL Axiata mengalami peningkatan sekitar 20% tiap tahun. Seiring dengan peningkatan tersebut, XL Axiata melakukan peningkatan kualitas jaringan dan perluasan jangkauan jaringan dengan melakukan penambahan di berbagai desa baru. Terbanyak di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna.

“Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio & Spotify, untuk aplikasi messaging adalah Whatsapp dan aplikasi gim yaitu Mobile Legend. Sumatera masih mempunyai potensi cukup besar bagi XL Axiata, hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan trafik dan pelanggan yang dari tahun ke tahun makin meningkat,” lanjut Desy.

Aksi sosial XL Axiata untuk masyarakat

Di bulan Ramadan ini, XL Axiata Peduli menggelar dua program, yaitu XL Axiata Peduli Paket Berbuka, berupa penyaluran paket makanan berbuka untuk masyarakat prasejahtera, dengan sistem penukaran kupon. Program ini bekerja sama dengan Yayasan Benihbaik dan para mitra lokal seperti warung nasi dan komunitas warga yang bertujuan untuk membantu UMKM lokal.

Program kedua yaitu XL Axiata Peduli Sembako untuk Pesantren, dengan membeli dari UMKM lokal. Target penerima adalah pesantren yang tersebar di Kabupaten Agam Sumatera Barat, Kota Batam, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Kota Makassar, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kota Jakarta serta Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:  Rangkul Pelaku UMKM, Blibli Kembangkan Sayap di Sumut

XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program yang bermanfaat dan berkelanjutan, dimana salah satunya melalui aksi sosial berbagi yang telah dilakukan bertahun-tahun melalui program perusahaan, antara lain Program XL Axiata Baik. Program ini dilaksanakan di kota-kota berbeda untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Melalui program ini, karyawan XL Axiata tidak hanya berfokus pada area pekerjaan saja tetapi bisa berkontribusi lebih terhadap Negeri. Manajemen juga ingin menciptakan budaya karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan semoga hal baik ini dapat menginspirasi dan menciptakan domino effects untuk hal-hal baik lainnya yang bermanfaat.

Program XL Axiata Baik sudah berjalan sejak tahun 2021, berbagai program kegiatan telah dijalankan membantu masyarakat di berbagai daerah, seperti Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB), donasi, donor darah, karyawan mengajar, bedah rumah, bangun jalan, bangun masjid, pengadaan depot air, bangun jembatan hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren dan sekolah.

Pada tahun 2023 ini, program XL Axiata Baik sudah melakukan beberapa hal, antara lain pada bulan Januari 2023, nonton bareng karyawan XL Axiata dengan anak-anak yatim di Bogor, kegiatan rutin donor darah per 3 bulan oleh karyawan XL Axiata di Medan, darah yang terkumpul akan disumbangkan untuk anak-anak penderita kanker. Pada bulan Maret 2023, karyawan XL Axiata mengajar di Luwuk, program donor darah oleh karyawan XL Axiata di Jakarta, dan donasi dari karyawan XL Axiata West Region untuk panti asuhan di Batam.

XL Axiata juga melalui program XL Axiata Peduli yang merupakan program corporate social responsibility (CSR) untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, seperti bencana banjir di Lahat, Lampung Barat, Aceh, dan mengirim makanan sehat untuk program pencegahan stunting di beberapa desa yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga:  Menteri Jonan Pastikan Listrik dan BBM Aman di Natal dan Tahun Baru

XL Satu Fiber Gencar di Sumatera

XL Satu Fiber semakin gencar memperluas layanan XL Satu Fiber di Sumatera. Setelah hadir di Kota Medan dan Kota Palembang, XL Satu Fiber juga hadir di Binjai, Deli Serdang, dan Banyuasin. Menyusul beberapa kota lain di Sumatera yang akan hadir di tahun ini.

XL Satu Fiber merupakan produk konvergensi pertama di Indonesia. Selama bulan Ramadan, XL Satu Fiber menghadirkan beberapa promo yang bisa dinikmati oleh pelanggan XL Satu Fiber :

1. Promo Ramadan speed upgrade untuk pelanggan baru.

· Cukup dengan 276 ribu/bulan pelanggan dapat internet rumah fiber unlimited dengan speed upgrade dari 30Mbps ke 50Mbps selama 6 bulan dan kuota HP bersama 15GB untuk sekeluarga dalam satu tagihan. Beragam paket menarik lainnya bisa dilihat di website satu.xl.co.id.
· Kuota HP bersama berlaku untuk pelanggan XL dan XL Prioritas.
· Bonus langganan Vidio Platinum dan Catchplay+ Movie Lovers selama 12 bulan
· Bonus langganan Lionsgate Play selama 3 bulan
· Bebas biaya instalasi dan sewa perangkat, sudah termasuk XL Home Entertainment Box (STB).
· Periode promo 23 Maret – 30 April 2023

2. Untuk pelanggan XL Satu Fiber ada fitur dan konten partner baru.

Kini kuota hp bersama XL Satu Fiber bisa dinikmati juga oleh pelanggan XL Prioritas, untuk mendapatkannya sangat mudah, cukup daftarkan nomor XL Prioritas anda atau keluarga di aplikasi myXL pada akun XL Satu Fiber anda. Tidak hanya itu, kini hiburan dirumah makin seru dengan adanya Lionsgate Play yang bisa di akses di XL Home Entertainment Box (STB), pelanggan bisa menonton beragam tayangan Box Office berkualitas dunia.(red)

Terkait


Berita Terbaru