Home / KESEHATAN / Layanan MCS BPJS Kesehatan Ramaikan Lapangan Merdeka Kota Binjai

Layanan MCS BPJS Kesehatan Ramaikan Lapangan Merdeka Kota Binjai


EDISIMEDAN.com, MEDAN-BPJS Kesehatan membuka layanan Mobile Customer Service (MCS) pada acara jalan santai dan senam aerobik dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kota Binjai, Minggu (14/05). Layanan MCS BPJS Kesehatan merupakan layanan administrasi melalui mobil operasional yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional dengan memberikan pelayanan pendaftaran, perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, perubahan kelas rawat, autodebit, layanan pengaduan serta layanan informasi. Layanan ini tersebut memberikan kemudahan serta manfaat yang dapat dirasakan masyarakat khususnya bagi peserta kantoran maupun peserta yang jarak rumahnya jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Bertempat di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Yasmine Ramadhana Harahap mengungkapkan bahwa sesuai dengan fokus utama BPJS Kesehatan pada transformasi mutu layanan, pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN maupun kepada masyarakat yang belum terdaftar pada Program JKN.

“Melihat antusiasme warga untuk hadir pada perayaan ulang tahun Kota Binjai, layanan MCS sengaja digelar untuk menjemput bola masyarakat yang mempunyai kendala selama ini untuk ke kantor cabang dan mengakses layanan digital. MCS kami hadirkan agar masyarakat lebih mudah lagi untuk menjangkau BPJS Kesehatan. Selain jadwal MCS yang rutin kami gelar setiap seminggu dua kali, kegiatan-kegiatan seperti ini juga tidak kami lewatkan untuk menggelar MCS sebagai sarana kami melayani dan menjangkau masyarakat dengan lebih baik lagi,” ujar Yasmine.

Baca Juga:  Warga Tidak Gunakan Masker, KPU Binjai Lakukan Hal Berikut

Yasmine menjelaskan bahwa melalui MCS ini, masyarakat akan diberikan informasi-informasi terbaru dari penyelenggaraan Program JKN. Misalnya, pemberian informasi mengenai kemudahan akses layanan administrasi, informasi dan pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN serta Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

“Pemberian informasi ini kami harapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa layanan kami pun dapat diakses lewat Aplikasi Mobile JKN. Pengecekan info keaktifan peserta, penambahan atau perubahan data peserta, info iuran, pendaftaran autodebit pembayaran iuran, serta melakukan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri yang mengalami tunggakan iur lebih dari tiga bulan sampai dengan 24 bulan, bahkan mendaftar antrean online bagi peserta yang ingin berobat pun bisa. Jadi semua lebih mudah dan hanya melalui gadget di tangan,” jelas Yasmine.

Baca Juga:  Sukseskan Vaksinasi Nasional, Inalum Vaksinasi 2.000 Pegawai

Tidak hanya itu, peserta JKN juga dapat melakukan Skrining Riwayat Kesehatan sebagai langkah awal mendeteksi dini risiko penyakit sekaligus pengingat agar masyarakat menjaga pola hidup sehat. Selain lewat Aplikasi Mobile JKN, masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan melalui PANDAWA dengan menghubungi nomor 08118165165.

“Kemudahan demi kemudahan selalu BPJS Kesehatan berikan kepada peserta JKN. Jadi, masyarakat yang ingin mendaftar atau mendapatkan informasi tentang Program JKN, cukup tanpa harus ke luar rumah sudah bisa mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan, atau kami melalui MCS akan datang mengunjungi langsung ke daerahnya masing-masing,” kata Yasmine.

Fadhila Syaputri (37) salah satu pengunjung acara yang merasakan manfaat MCS BPJS Kesehatan, menceritakan pengalamannya saat mengakses layanan tersebut. Fadhilla yang melakukan pendaftaran baru sebagai peserta JKN pada segmen PBPU, mengakui bahwa masyarakat pasti sangat terbantu dengan hadirnya layanan MCS BPJS Kesehatan.

Baca Juga:  Lunasi Tunggakan Iuran Pekerja Baru, BPJS Kesehatan Apresiasi Komitmen PT Lembu Andalas Langkat

“Membantu sekali hadirnya BPJS Kesehatan ditengah acara pada hari libur ini. Sebagai masyarakat, kita sebetulnya paham pentingnya jaminan kesehatan tetapi ketika harus mengurus sering kali terbentur waktu dan kesempatan untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan. Layanan MCS seperti ini yang sangat membantu bagi kami. Bahkan tadi dijelaskan juga kalau layanan bisa diakses melalui handphone saja melalui PANDAWA dan Mobile JKN. Kalau bukan karena hadirnya MCS ini, tidak akan tau saya. Makanya saya ucapkan terima kasih sekali kepada BPJS Kesehatan yang telah datang dan hadir memberikan layanan kepada masyarakat kota Binjai,” ungkap Fadhila. (red)

Terkait


Berita Terbaru