Home / PENDIDIKAN / Sebanyak 4. 230 Peserta SSE UM PTKIN 2023 Bersaing Raih 2.419 Kursi di UIN SU

Sebanyak 4. 230 Peserta SSE UM PTKIN 2023 Bersaing Raih 2.419 Kursi di UIN SU


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Sebanyak 4.230 peserta Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023-2024 bersaing meraih 2.419 kursi tersebar di 41 prodi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU).

Pelaksanaan ujian dilaksanakan di kampus IV UIN SU, Tuntungan dan berlangsung selama 6 hari yakni 29, 30, 31 Mei dan 5,6,7 Juni 2023.

Rektor UIN SU, Prof Dr Nurhayati, MA didampingi Wakil Rektor I Prof Dr. Hasan Asari MA yang juga Ketua Panitia lokal UM PTKIN, Kepala Biro AAKK Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd dan Koordinator Humas dan Informasi Yunny Salma Nasution, S.Ag, MM dalam jumpa persnya di Gedung Laboratorium Terpadu l, Kampus IV Tuntungan UIN SU, Senin (29/5/2023), menjelaskan, penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan secara bersamaan oleh 58 PTKIN dan satu PTN mulai dari UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pada pelaksanaan UM PTKIN tahun ini, UIN SU di posisi ke 6 secara nasional dan nomor 1 se-Sumatera terbanyak menerima peserta pada tahun 2023.

Baca Juga:  Integrated Laboratory Wahdatul Ulum UIN Sumut Diresmikan

“Pertama, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, UIN Sunan Kali Jaga Jogyakarta, UIN Makassar, UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN SU. Ini luar biasa dan kami terima kasih atas kepercayaan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Sistem Seleksi Elektronik (SSE) ini merupakan ujian dengan memakai komputer dan tidak lagi menggunakan kertas.

“Ujian ini dibuat satu sistem yang terpadu giti, langsung link-nya itu ke pusat, jawabannya itu langsung terlink, jadi enggak singgah lagi ke mana-mana. Kalau sistem kertas itu kan kita harus bawa ke Jakarta, transparansinya kita tidak tahu, tapi dengan sistem ini transparansinya itu memang sudah jelas gitu tidak ada permainan-permainan di sini dan insyaallah hasilnya pun penuh dengan kejujuran,” ujarnya.

Mengenai peserta ujian langsung dihadirkan untuk mengikuti sistem seleksi ini dan segala kebutuhan koneksi internet tidak menjadi kendala.

Baca Juga:  Dana BOS Tahun 2022 Di SMKN 1,2 Dan SMA 7 Binjai Di Soal

“Kita ketahui 3 tahun sebelumnya, pelaksanaan UM PTKIN ujiannya masing-masing dari rumah. Banyak kendala yang dihadapi, terutama masalah jaringan atau koneksi. Makanya kita hadirkan ke kampus IV ini, dimana sistem koneksinya lebih bagus dan Alhamdulillah tidak ada kendala hingga hari ini,” sebutnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang berjibaku menyukseskan pelaksanaan SSE UM PTKIN tahun ini.

Rektor Prof Nurhayati menyebutkan, tahun 2023 ini UIN SU menerima mahasiswa sebanyak 6500 orang. Jumlah tersebut dirinci penerimaan dari SNBP 585 orang, SNBT 831 orang, SPAN-PTKIN 1.710 orang, UM-PTKIN 2.419 orang dan Mandiri 955 orang.

Sementara Wakil Rektor I Prof Dr. Hasan Asari MA yang juga Ketua Panitia lokal UM PTKIN menambahkan, UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN-PTKIN. Kedua jalur tersebut merupakan jalur
masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Perbedaannnya yaitu SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis dan khusus untuk siswa (calon mahasiswa) yang berprestasi, sedangkan UM-PTKIN dilaksanakan dengan menggunakan SSE untuk semua calon peserta lulusan SMA/Sederajat.

Baca Juga:  Menag RI : Kedepan PTKIN Harus Jadi Destinasi Melanjutkan Pendidikan Tinggi

“Ada lima jalur untuk masuk UIN, dan sudah jalur berjalan,” katanya seraya menyebutkan hasil UM PTKIN akan diumumkan pada 23 Juni 2023.

Dikatakannya, 4.230 orang pendaftar UM PTKIN di UIN SU, pilihannya tidak hanya di UIN SU, melainkan di UIN lain. “Tapi ujiannya disini. SSE ini juga dilakukan secara online dan hasilnya langsung (link) ke pusat,” kata dia.

Mengenai sesi ujian di Panitia Lokal UIN SU sebanyak 16 sesi dimana perharinya dilakukan 3 sesi dan pesertanya sebanyak 280 orang mengikuti ujian di 14 Ruang.

Dia menyampaikan, prodi S1 di UIN SU jumlah 41 Prodi. UM PTKIN dan SPAN jalur keagamaan 31 Prodi, dan jalur umum SNBP dan SNBT ada 10 prodi.

Sementara peminat terbanyak Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Akuntansi Syariah dan Ekonomi Islam.(red)

Terkait


Berita Terbaru