Home / BISNIS / Pertamina Patra Niaga Bersama APH Laksanakan Patroli Jalur Pipa BBM di Belawan

Pertamina Patra Niaga Bersama APH Laksanakan Patroli Jalur Pipa BBM di Belawan


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Pertamina Patra Niaga bersinergi bersama Aparat Penegak Hukum (APH) melaksanakan patroli area jalur pipa paluh laut dan darat di Bagan Deli, Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama pengamanan jalur pipa BBM bersama APH yaitu Kepolisian dan TNI dengan melakukan patroli di area jalur pipa laut dan darat di Bagan Deli, Medan Belawan secara rutin.

Pada Sabtu, 3 Juni 2023, kegiatan patroli gabungan Pertamina, TNI, Kepolisian menindaklanjuti laporan masyarakat yang mendeskripsikan adanya illegal tapping di wilayah jalur pipa BBM Belawan.

Baca Juga:  Transformasi Digital PGN Hadapi Era Disrupsi dan Tingkatkan Layanan Gas Bumi

“Setelah mendapat laporan dari warga, kami segera melakukan patroli di sekitar area tambak paluh, simpang Bagan dan Jalan Pulau Irian Lingkungan 11. Patroli berlangsung selama lebih kurang tiga jam,” ujar kata Satria.

Ia menjelaskan, saat melakukan penyisiran ke daerah pemukiman warga Bagan ditemukan barang bukti di salah satu rumah warga terduga penadah berupa 17 jeriken yang masing-masing berisi BBM sebanyak lebih kurang 30 liter dan dua jeriken kosong. Kemudian, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut bersama APH melakukan penyisiran ke rumah terduga pelaku.

“Selain APH, kami juga didampingi Kepala Lingkungan (Kepling) 15. Kami pun melakukan penyisiran ke rumah terduga pelaku dan ditemukan beberapa barang bukti,” katanya.

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Ajak Finalis MyTrip MyPertamina Melihat Lebih Dekat Distribusi Energi

Satria mengapresiasi laporan masyarakat terkait adanya illegal tapping ini. “Saya mengimbau dan meminta dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait illegal tapping ini. Jika sampai terjadi kebocoran pipa secara sengaja oleh oknum akan berakibat pada pencemaran lingkungan dan kegagalan operasi yang berdampak pada distribusi BBM bagi masyarakat,” ungkap Satria.

Sebelumnya, aksi pencurian BBM dari pipa minyak milik Pertamina di Medan Belawan kembali terjadi pada Sabtu (3/6) dan kejadian ini kerap berulang terjadi di wilayah Belawan. “Kami berharap penegakkan hukum terhadap para pelaku illegal tapping dilakukan APH karena ini merupakan tindakan kriminal yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan mengganggu distribusi energi di wilayah Sumut,” terang Satria.

Baca Juga:  Beli BBM dan Pelumas Lewat Aplikasi MyPertamina, Konsumen Bisa Dapatkan Gratis Tiket MotoGP 2022

Untuk informasi seluruh produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.(red)

Terkait


Berita Terbaru