Home / NEWS / BI Gelar Pelatihan Jurnalistik Guna Tingkatkan Wawasan Wartawan Ekonomi dan Bisnis

BI Gelar Pelatihan Jurnalistik Guna Tingkatkan Wawasan Wartawan Ekonomi dan Bisnis


EDISIMEDAN.com, MEDAN–  Guna meningkatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai peran Bank Indonesia (BI) serta kebijakan-kebijakan yang diterapkan, BI kantor perwakilan Sumatera Utara (BI Sumut) mengajak para wartawan Ekonomi-Bisnis mengikuti pelatihan di Kota Sabang, Aceh yang dimulai pada 22 hingga 25 Juni 2023.
Selain mengikuti pelatihan mengenai peran BI maupun perkembangan ekonomi, para wartawan juga disuguhi pembelajaran mengenai tugas dan fungsinya sebagai jurnalis. Selain itu, perjalanan panjang juga diisi dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata Sabang.
Diharapkan para wartawan ekonomi-bisnis yang bertugas di BI dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai peran Bank Indonesia serta kebijakan-kebijakan yang diterapkan.
Demikian dikatakan Deputi Kepala BI Sumut, Ibrahim saat membuka sekligus menutup acara Pelatihan dan Media Gathering wartawan Ekonomi-Bisnis di Mata Ie Resort & Cottagest, Kota Sabang, Sabtu (24/6/2023).
Dua narasumber yakni Dr. Rudi Brando, Hutabarat selaku Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia akan mengulas Asean Chairmanship 2023. Sementara itu, untuk memberi pemahaman kepada para wartawan mengenai pemberitaan hingga tugas dan karangannya sesuai kode etik jurnalistik, pihak BI Sumut mengundang Tri Agung Kristanto selaku perwakilan Dewan Pers Indonesia.
“Kami mengucapkan apresiasi, kepada dua narasumber kita yang akan mengisi nanti,” ucap Ibrahim yang turut didampingi Kepala Divisi Pengembangan dan Ekonomi BI Provinsi Sumut, Poltak Sitanggang.
Dikatakannya, dalam hal mewujudkan efektifitas dan transfaransi informasi publik, BI selalu memberikan informasi yang berperan kepada publik, dalam hal ini media yang menjadi intermediasi informasi kepada masyarakat sehingga jaringan komunikasi diantara BI dan wartawan yang sudah baik perlu dipertahankan dan terus dijalin agaf bisa lebih baik.
“Artinya ketika wartawan menanyakan informasi terjadi saat ini, kita tak segan-segan karena kita sudah kenal baik,” bilangnya.
Dalam pelatihan ini, aku Ibrahim, dipilih lah Kota Sabang sebagai tempat pelatihan berdasarkan masukan bersama. Dan kali ini diikuti sebanyak 66 wartawan yang selama ini menjadi mitra BI Sumut.
Sebelum menutup sambutannya, Ibrahim mengucapkan selamat mengikuti kegiatan pelatihan dan mendoakan semoga Allah SWT memberikan dan membuka segala pintu kebaikan agar memperoleh segala ilmu hari ini melalui narasumber yanh dihadirkan.
“Kami berharap kepada rekan wartawan pada kegiatan yang kita inisiasi ini dapat memberikan nilai tambah, sehingga pemberitaan kita lebih berimbang, berkualitas, informastif dan tentu saja edukatif kepada masyarakat, terutama untuk terwujudnya masyarakat indonesia yang lebih maju lagi,” pungkasnya.(red)
Terkait


Berita Terbaru