Home / BISNIS / Ini Jawaban Pertamina Soal Kelangkaan Gas 3 Kg di Medan

Ini Jawaban Pertamina Soal Kelangkaan Gas 3 Kg di Medan


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Menanggapi keluhan masyarakat atas kelangkaan LPG 3 Kg  di Kota Medan begini jawaban Pertamina.

“Berdasarkan data yang kami miliki trend penyaluran LPG 3Kg mengalami peningkatan jika dibandingkan periode-periode sebelumnya, tren penyaluran LPG 3 Kg menunjukkan kenaikan dimana hingga Juni 2023 penyaluran LPG 3 Kg wilayah Sumut di angka 180.907 MT dibandingkan dengan penyaluran Januari-Juni 2022 sebesar 175.498 MT. Hal ini memperlihatkan bahwa Pertamina menyalurkan LPG 3 Kg dengan tren naik,” jelas Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Utara, Susanto August Satria pada Senin (24/7).

Bahkan katanya hingga YTD Juni 2023 penyaluran LPG 3 Kg sudah over kuota sekitar 3% dari yang ditentukan pemerintah.

Baca Juga:  Pertamina Dukung WSL Nias Pro 2023

“Kami mendapat keluhan bahwa masyarakat sulit mendapatkan LPG 3 Kg. Sebagai upaya mengatasi hal tersebut dan sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang Liquefied Petroleum Gas Tertentu Tepat Sasaran, akan diterapkan subsidi tepat LPG 3 Kg,” paparnya lagi.

Tahapan yang sedang berjalan saat ini sebutnya  adalah registrasi dan verifikasi pangkalan untuk implementasi program subsidi tepat LPG 3 Kg. Tahapan registrasi sudah berlangsung sejak pertengahan Juli 2023 dan ditargetkan selesai di akhir Juli 2023.

Hingga saat ini di wilayah Sumatera Utara sudah mencapai 70% dari 13 ribu pangkalan sudah registrasi dan 30 juli target 100%

Baca Juga:  Operator SPBU Dibekali Pelatihan Keselamatan Kerja Guna Tingkatkan Pengetahuan K3 di SPBU

“Proses registrasi mencakup update lokasi pangkalan (Geo tagging) dan sarfas yang dimiliki pangkalan. Subsidi tepat LPG 3 Kg akan menerapkan sistem digitalisasi yang terintegrasi dengan data keluarga penerima manfaat yang berasal dari Pemerintahan. Dengan adanya upaya ini, tujuannya agar penyaluran LPG 3 Kg dapat tepat sasaran bagi masyarakat miskin, karena kami melihat di wilayah Sumut dan Provinsi lainnya masih banyak ditemukan sektor usaha menengah ke atas, peternakan dan jasa yang menggunakan LPG 3 Kg,” tegasnya.

Pada pekan ini kata Satria  akan dilaksanakan pertemuan dengan Pemerintah daerah terkait koordinasi sistem pembelian LPG 3 Kg dengan subsidi tepat.

Baca Juga:  Pertamina Kirim Bantuan dengan KRI Bontang untuk Korban Longsor di Serasan

“Kami bersinergi dengan pemerintah setempat agar melakukan pengawasan terkait penyaluran LPG 3 Kg, dengan melakukan sidak-sidak ke sektor-sektor usaha yang tidak berhak mendapatkan LPG 3 Kg,” tandasnya. (Red)

Terkait


Berita Terbaru