Home / PENDIDIKAN / Rektor Unimed Syamsul Gultom: Saat Ini Era Kemampuan Skill

Rektor Unimed Syamsul Gultom: Saat Ini Era Kemampuan Skill


EDISIMEDAN.com,  MEDAN-Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengingatkan, zaman sekarang ini bukan lagi era kompetisi, namun era kemampuan skill. Karenanya seseorang, harus memiliki skill untuk bisa mendapat tempat. Hal itu dikatakan Syamsul Gultom saat melantik 1.377 wisudawan Unimed kampus ini, Jalan Williem Iskandar, Selasa (22/8/2023). Wisuda periode ini sendiri berlangsung selama dua hari sampai besok 23 Agustus 2023.

“Saudara-saudara para wisudawan yang saya banggakan dan para orang tua yang kami hormati. Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan literasi bahasa Inggris,” kata Syamsul.

Dijelaskan Syamsul, saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya ada 10 skill yang dibutuhkan di masa depan, yakni, ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim atau kolaborasi. Kemudian kepemimpinan, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis dan networking.

Baca Juga:  Wisuda 763 Lulusan, UISU Optimis Akreditasi A

“Melalui implementasi kurikulum berbasis KKNI dan penugasan 6 tugas wajib dalam setiap mata kuliah, kami yakin saudara semua lulusan Unimed yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 komptensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan,” kata Syamsul.

Syamsul juga merinci prestasi Unimed, di antaranya masuk 5 besar perguruan tinggi penerima program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2023. Antara lain, meraih 3 medali emas dan 1 medali perunggu di Sei Games ke-32 di Kamboja Mei 2023. 8 orang mahasiswa Unimed raih medali di event IMT-GT Varsity Carnival Ke-22 di USK Banda Aceh, Juli 2023. Lalu 2 mahasiswa FMIPA raih medali emas dan silver Ajang International Walisongo Science Competition, Juni 2023. Kemudian peringkat 9 nasional pada ajang PIMNAS ke-35 di Malang Desember 2022. Meraih Juara 1 MTQ Nasional antar LPTK se-Indonesia, Agustus 2023 ini. Meraih Medali di Kejurnas Judo di UPI Bandung, Agustus 2023. 3 Mahasiswa FT Raih Prestasi Make Up Fantasy Competition BRI Luxury, Juli 2023 lalu. Mahasiswa FBS Raih Juara 1 Lomba Desain Infografis Tingkat Nasional, Juli 2023.

Baca Juga:  Ketum Yayasan UISU: Maksimalkan Pemanfaatkan IT dan Evaluasi Sistem Pembelajaran

Melengkapi informasi adapun 1.377 wisudawan berasal dari, 140 lulusan program pascasarjana, 168 Fakultas Ilmu Pendidikan , 179 Fakultas Bahasa dan Seni, 88 Fakultas Ilmu Sosial, 337 Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 155 Fakultas Teknik
106 Fakultas Ilmu Keolahragaan dan
204 Fakultas Ekonomi.

Sedangkan ijazah beserta gelar diberikan kepada 1 Doktor Linguistik, 6 Doktor Pendidikan, 117 Magister Pendidikan, 4 Magister Linguistik, 1 Magister Akuntansi 2 Magister Ekonomi, 4 Magister Olahraga, 5 Magister Sosial , 34 Sarjana Akuntansi, 14 Sarjana Ekonomi, 12 Sarjana Gizi, 5 Sarjana Komputer, 56 Sarjana Manajemen, 15 Sarjana Matematika, 17 Sarjana Olahraga, 977 Sarjana Pendidikan, 63 Sarjana Sains, 28 Sarjana Sastra, 12 Sarjana Teknik , 4 Ahli Madya Teknik Mesin.(red)

Baca Juga:  Pendaftaran Jalur Mandiri Unimed Ditutup 24 Agustus 2020

 

Terkait


Berita Terbaru