Home / KESEHATAN / LPPM USU Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMP Islamiyah Belawan

LPPM USU Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMP Islamiyah Belawan


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian masyarakat di SMP Islamiyah Belawan Medan pada Jum’at – Sabtu tanggal 15 – 16 September 2023 lalu.

Pengabdian masyarakat bertemakan strategi pencegahan gigi berlubang memasuki usia dewasa melalui penyuluhan dan aplikasi flour pada siswa remaja ini diketuai oleh Darmayanti Siregar, drg, MKM dengan anggota 1, Siska Ella Natassa, drg, M.DSc dan anggota 2, Ranu Putra Armidin, drg, MKM.

Berdasarkan keterangan Darmayanti Siregar bahwa adapun sasaran pengabdian masyarakat ini kepada siswa SMP berjumlah 110 orang dengan tujuan meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut serta upaya preventif berupa pemberian aplikasi flour.

Baca Juga:  Hari Kanker Sedunia, RS Murni Teguh Gelar Seminar Awan Edukasi Kanker

Sebutnya pada kegiatan pertama di Jum’at, 15 September 2023 melakukan penyuluhan tentang edukasi kesehatan gigi dan mulut, demonstrasi menyikat gigi yang baik dan benar kemudian pemberian bantuan 6 set poster edukasi gigi dan mulut dan pada Sabtu, 16 September 2023 digelar
pemberian topikal aplikasi flour kepada siswa SMP Islamiyah.

Pada kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah SMP Islamiyah Belawan, Elfi Rossani, S.Pd juga dilakukan guna menemukan permasalahan dan solusi yang ditawarkan di mana katanya bahwa saat ini pihaknya mencatat tingginya prevalensi karies pada anak usia remaja yaitu sebesar 51,9% perlu untuk dilakukan upaya peningkatan derajat kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi Dokter Gigi Lewat Medan Dentistry 2023

Sementara itu adapun upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di sekolah dilakukan melalui pendekatan edukasi kesehatan gigi dan mulut yang berkelanjutan. Selain itu pada usia remaja perlu dilakukan upaya preventif berupa pemberian aplikasi flour sehingga gigi terjaga dari penyakit karies gigi.(red)

Terkait


Berita Terbaru