Home / PENDIDIKAN / UIN Sumut Ranking 9 Perguruan Tinggi Islam Terbaik, Ini Kata Rektor

UIN Sumut Ranking 9 Perguruan Tinggi Islam Terbaik, Ini Kata Rektor


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Prof Dr Hj Nurhayati MA menyambut baik UIN Sumatera Utara masuk 10 besar sebagai Perguruan Tinggi Islam terbaik versi EduRank 2023.

UIN Sumatera Utara berada peringkat 9. “Kita tetap bersyukur kendati hasil ini belum memuaskan,” ujar Prof Nurhayati ketika dimintai tanggapannya, Sabtu (23/9/2023).

Dikatakan Prof Nurhayati, lepas dari perengkingan itu, UIN Sumut tetap terus berbenah diri untuk melakukan yang terbaik. “Saat ini kita fokus pada peningkatan mutu dan peningkatan akreditasi, baik institusi ataupun program studi. Di samping itu kita juga sedang berbenah untuk program internasionalisasi melalui publikasi artikel di jurnal bereputasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Peran Penting Pers Bagi UINSU

Patut disyukuri, lanjut Prof Nurhayati, percepatan Guru Besar di lingkungan UIN Sumut juga menggembirakan. “Saat ini UIN Sumut memiliki 44 oranag Guru Besar dan insya Allah akhir tahun 2023 kita sampai angka 45 Guru Besar”.

“Kami tetap memohon doa dan dukungan masyarakat Sumut agar UIN Sumatera Utara terus tumbuh, maju dan berkembang baik tingkat nasional maupun internasional,” tutup Rektor.

Terpisah Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Azhari Akmal Tarigan MA menanggapi rilis EduRank yang memposisikan UIN Sumatera Utara sebagai Perguruan Tinggi Islam terbaik pada urutan 9 mengatakan, hal ini sebagai cermin untuk berbenah dan terus berbenah seperti yang dikatakan Bu Rektor UIN Sumatera Utara.

Baca Juga:  Rektor UINSU Sebut Media Berperan Dalam Wujudkan UINSU Terbaik Dan Unggul

“Sebagaimana kita ketahui, EduRank ini Indikatornya seputar reputasi akademik, kualitas pengajaran, penelitian, fasilitas, dan prestasi mahasiswa. Semua hal ini memang menjadi fokus kita”.

“Bu Rektor telah menugaskan semua unit untuk fokus pada penataan dan pembenahan. Pada saat yg sama kita akan meningkatkan reputasi akademik kita baik pada level dosen dan mahasiswa,” ujar Akmal.

Dikatakan Akmal, riset dan pengabdian kepada masyarakat juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Jadi tidak semata-mata memenuhi tugas Tridharma.

“Kita tentu ingin UIN Sumatera Utara dekat dengan masyarakat dan merasakan manfaatnya,” tutup Akmal.

Dikutip AyoJakarta.com dari laman resmi edurank.org pada Kamis, 21 September 2023, terdapat 10 Perguruan Tinggi Islam terbaik di Indonesia versi EduRank 2023.

Baca Juga:  Lulusan UIN Sumut Diharapkan Terus Gunakan Waktu dan Tempat UntukĀ  Belajar

UIN Sumatera Utara berada pada ranking 9 tingkat nasional, Ranking Dunia: 4.756 dan
Ranking Asia : 1.683. (Cbud)

Terkait


Berita Terbaru